Breaking News:

Berita Tapin

Lima Kelompok Tani di Desa Suato Tatakan Baru Bangun Jalan Usaha Tani Sepanjang Lima Kilometer

Lima kelompok tani di Desa Suato Baru, Kecamatan Salam Babaris, Kabupaten Tapin membangun jalan tani sepanjang lima kilometer.

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/stan
Jalan usaha tani yang sedang dikerjakan oleh para petani di Desa Suato Baru, Salam Babaris, Tapin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Lima kelompok tani di Desa Suato Baru, Kecamatan Salam Babaris, Kabupaten Tapin membangun jalan tani sepanjang lima kilometer. Kamis, (25/11/2021).

Pantauan Banjarmasinpost.co.id Jalan tani yang dibangun lima kelompok tani tersebut akan digunakan untuk memudahkan para petani dalam mengangkut hasil perkebunan.

Kepala Dinas Pertanian Tapin, Wagimin mengatakan bahwa pembuatan jalan Ini merupakan permintaan dari kelompok tani, ada lima kelompok yang mengusulkan. Dan masing-masing mengerjakan satu kilometer.

Wagimin mengatakan menjelaskan alokasi pembangunan jalan produksi perkebunan ini menggunakan dana alokasi khusus (DAK) dengan nilai sebesar 1.640.973.000.

Penutupan Jalan Hauling Desa Suato Tatakan Tapin Tuai Reaksi, Petugas Amankan Protes Massa

Curi Pengait Ban Serep Tronton di Desa Suato Tatakan, Pria Asal Desa Anjir Batola Ini Diciduk Polisi

"Masing-masing mendapat bagian 1000 meter dengan biaya 273.495.000," jelasnya.

Wagimin mengatakan jalan produksi perkebunan ini sebagai sarana atau akses pengangkut hasil perkebunan, memperlancar mobilitas dan mempermudah akses ke tempat pengolahan dan ke pasar.

"Konsep pengerjaan ada tiga tahap. Semuanya ditargetkan selesai tahun ini," lanjutnya.

Sementara itu, Bupati Tapin, HM Arifin Arpan menyambut baik upaya yang dilakukan Dinas Pertanian Kabupaten Tapin dalam membantu para petani.

"Ini merupakan contoh gotong royong yang perlu ikuti oleh desa lain," ungkapnya. 

Baca juga: Pohon dan Lubang di Suato Tatakan Kabupaten Tapin Ancaman Bagi Pengendara

Arifin mengatakan dengan adanya jalan ini memudahkan para petani untuk meningkatkan perekonomian khususnya memudahkan pengangkutan hasil bumi dan memperlancar proses distribusi.

"Manfaatkan jalan ini dengan sebaik-baiknya dan yang paling penting saling bertanggung jawab untuk menjaganya," pesannya. (Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus sene)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved