Breaking News:

Rakat Mufakat

Optimalkan Indeks Pertanaman, Bupati HSS Panen dan Semai Padi di Desa Kaliring

Bupati H(HSS) H Achmad Fikry melakukan panen padi sekaligus semai di area pada Kelompok Tani Simpang Sanga Desa Kaliring

Penulis: Eka Pertiwi | Editor: Hari Widodo
Prokopim Setdakab HSS
Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry melakukan panen padi sekaligus semai di area pada Kelompok Tani Simpang Sanga Desa Kaliring Kecamatan Padang Batung, Kamis (25/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Sebagai upaya optimalisasi peningkatan Indeks Pertanaman (IP) padi sawah menuju IP 400,  Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry melakukan panen padi sekaligus semai di area pada Kelompok Tani Simpang Sanga Desa Kaliring Kecamatan Padang Batung, Kamis (25/11/2021).

Turut serta melakukan panen dan semai Kapolres HSS AKBP Sugeng Priyanto SIK, Sekda HSS H M Noor, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas TPH Provinsi Kalimantan Selatan Edy Susanto dan Kadis Pertanian HSS Muhammad Noor.

Selain panen dan semai, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan kegiatan vaksinasi Covid-19 sebagai upaya peningkatan capaian vaksinasi di HSS yang saat ini masih berada di 42,64 persen.

Kepala Dinas Pertanian HSS, Muhammad Noor mengatakan, luas lahan pertanian di Kecamatan Padang Batung sebanyak 1218 hektare dan sekitar 80 persen sudah dialiri air dari irigasi Amandit.

Pada tahun 2021 telah di bangun saluran irigasi tersier sebanyak 15 unit. Ia berharap nantinya, 20 persen lahan pertanian di Padang Batung bisa juga dialiri hingga 100 persen.

Ditambahkannya, pola tanam masyarakat di Kecamatan Padang Batung sudah ada yang IP 200, IP 300 dan IP 400 artinya indeks pertanaman dua kali, tiga kali dan empat kali dalam setahun.

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry melakukan panen padi sekaligus semai di area pada Kelompok Tani Simpang Sanga Desa Kaliring Kecamatan Padang Batung, Kamis (25/11/2021).
Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry melakukan panen padi sekaligus semai di area pada Kelompok Tani Simpang Sanga Desa Kaliring Kecamatan Padang Batung, Kamis (25/11/2021). (Prokopim Setdakab HSS)

"Ahamdulillah pada hari ini di Kelompok Tani Simpang Sanga, program yang dilaksanakan oleh Provinsi Kalsel dan Pemerintah Pusat untuk indeks pertanaman dari IP 300 ke IP 400. Namun, yang panen sudah tiga kali. Sedangkan semai yang ke empat kali," katanya.

Untuk semai IP 400 rencananya akan dipanen pada tahun 2022 mendatang.

Selain tanam dan semai, Dinas bekerja sama dengan Puskesmas Kaliring untuk vaksinasi dengan target capaian 100 orang. Sedangkan realisasinya mencapai 112 orang.

Sementara itu Bupati HSS, H Achmad Fikry menyatakan,  petani yang ada di Desa Kaliring khususnya pada Kelompok Tani Simpang Sanga sudah panen yang ke-3 kali semai ke 4 kali dalam satu tahun. "Kalau orang sekali tanam sekali panen dalam setahun, di sini  tiga kali tanam, panen tiga kali dan semai kembali," bebernya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved