Breaking News:

Berita Tanahlaut

Usung Tari Bahuma, Grup Tari SDN 4 Angsau Tanahlaut Semarakkan Momen HGN 2021

guru-guru di SDN 4 Angsau, Kecamatan Pelaihari. Sebagian dari mereka piawai menari. Bahkan mereka memenangi lomba tari kreasi dalam rangka HGN 2021

Penulis: Idda Royani | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/idda royani
MEMUKAUĀ - Grup tari SDN 4 Angsau tampil memukau pada perayaam HGN ke-76 di Aula Didikbud Tala, Kamis (25/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Kalangan guru di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), tak cuma piawai mengajar. Lebih dari itu juga tak sedikit yang memiliki talenta pada berbagai bidang.

Contohnya guru-guru di SDN 4 Angsau, Kecamatan Pelaihari. Sebagian dari mereka piawai menari.

Bahkan mereka memenangi lomba tari kreasi dalam rangka Hari Guru Nasional (HGN) ke-76 yang digelar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Pelahari.

Mereka pun kembali unjuk kepiawaiannya menari pada puncak peringatan HGN ke-76 yang digelar PGRI Kecamatan Pelaihari bertempat di Aula Dinas Pendidikan dam Kebudayan Tala di kawasan Jalan Kompleks Gagas Permai, Kamis (25/11/2021).

Baca juga: Peringati Hari Guru Nasional 2021, SMA Islam Sabilal Tampilkan Permainan Tradisional Balogo

Baca juga: Hari Guru Nasional, Bunga Mawar dari Siswa untuk Pahlawan Pendidikan di SMAN 8 Banjarmasin

Lima penari, guru SDN 4 Angsau, tersebut menampillan tarian Bahuma (bertani padi). Gerakan mereka cukup atraktif dan padu kompak sehingga mampu memukau undangan peringatan HGN ke-76.

Tepuk tangan pun membahana, cekrak-cekrek juga silih berganti untuk mengabadikan tarian khas lokal tersebut. Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tala yang juga Ketua PGRI Kabupaten Tala Jamaluddin juga tampak begitu semringah.

Tarian tersebut terinspirasi dari kegiatan berhuma yang merupakan salah satu mata pencaharian masyarakat Panyipayan sebagai petani.

Tari Bahuma adalah tari kreasi baru yang menceritakan tentang proses bahuma mulai dari manugal, menyemai hingga memanen padi.

Masyarakat daerah Panyipatan masih menjunjung tinggi adat dan tradisi nenek moyang mereka seperti memulai langkah dengan kaki kanan berharap memperoleh hasil yang melimpah dan berkah.

Selain penari guru-guru SDN 4 Angsau tersebut, tampil pula pemenang lomba lainnya seperti vokal grup. Sekadar diketahui, PGRI Kecamatan Pelaihari menggar empat jenis lomba pada momentum HGN ke-76  tahun 2021.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved