Breaking News:

Berita Batola

Pelatihan Kewenangan Desa se-Kecamatan Anjir Pasar, Bupati Batola Harapkan Hadirnya Desa Mandiri

Bupati Baritokuala (Batola) Hj Noormiliyani buka Pelatihan Kewenangan Desa bagi Pemerintah Desa se-Kecamatan Anjir Pasar

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Syaiful Akhyar
banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri
Pelatihan Kewenangan Desa Bagi Pemerintah Desa Se-Kecamatan Anjir Pasar di Nasa Hotel Banjarmasin, Jumat (26/11/2021) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Bupati Baritokuala (Batola) Hj Noormiliyani buka Pelatihan Kewenangan Desa Bagi Pemerintah Desa se-Kecamatan Anjir Pasar di Nasa Hotel Banjarmasin, Jumat (26/1/12021) sore

Dalam kesempatan ini Noormiliyani menyampaikan, semoga pelatihan ini menjadi awal sinergitas kebersamaan dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan dan pembangunan desa.

Bupati perempuan pertama di Kalsel ini juga mengapresiasi, bahwa dengan pelatihan ini akan menjadi modal penting dalam meningkatkan pengetahuan dan kinerja aparatur desa.

"Kewenangan desa merupakan ruh utama undang-undang desa untuk mencapai desa yang mandiri. Jika kewenangan tidak jelas dan tegas, maka arah kebijakan, program kegiatan pelayanan tidak akan berjalan efektif," terang Noormilyani.

Baca juga: Tenggelam di Kalsel - Hilang di Sungai Martapura, Perahu Nelayan Pencari Ikan Ini Ditemukan Terbalik

Baca juga: 100 Siswa dan Guru Bawakan Tari Tradisi Peringati Hari Guru Nasional dan Korpri di Banjarmasin

Baca juga: Program RT Mandiri Banjarbaru Direalisasikan 2022, Tiap RT Dapat Bantuan Rp75 Juta, Ini Tujuannya

Di samping itu, kewenangan lokal berskala desa berhak mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat desa yang telah dijalankan oleh desa yang muncul karena perkembangan desa dan prakarsa masyarakat desa dengan didasari pada prinsip desentralisasi, delegasi dan dekonsentrasi.

Ia pun berharap kepada seluruh peserta, khususnya BPD, kades dan perangkatnya. Dengan anggaran desa yang cukup besar, harus mampu memahami regulasi yang berlaku dalam pelaksanaan pembangunan.

(banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved