Breaking News:

Berita Bisnis

UMKM Banjarbaru Dibantu Sertifikasi BPOM dan Promosi hingga ke Luar Negeri

Dikatakan Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Arifin, saat ini setiap UMKM diarahkan untuk mendapatkan sertifikat produk dari BPOM

Penulis: Salmah | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/salmah
Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Arifin, saat mengunjungii stan UMKM kerajinan tangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pemko Banjarbaru konsisten mengupayakan berkembangnya UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di kota idaman tersebut.

Pembinaan secara terprogram itu di antaranya melegelalisasi produk UMKM.

Sebagaimana dikatakan Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Arifin, saat ini setiap UMKM diarahkan untuk mendapatkan sertifikat produk dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

“Pembinaan di Banjarbaru yang sudah dilakukan adalah UMKM dibantu dalam proses sertifikasi BPOM dan alhamdulillah sudah ada 15 UMKM mengantongi sertifkat tersebut,” jelasnya, Jumat (26/11/2021).

Baca juga: Produsen Jamu di Banjarbaru Diajarkan Bikin Jamu Instan Modern

Baca juga: Dugaan Oknum Polisi Suplai Miras di Kafe Banjarbaru, Polda Kalsel: Jika Terbukti Akan Diproses

Dengan sertifikasi BPOM maka pada label kemasan bisa dicantumkan dan ini meningkatkan kualitas dan daya jual produk di pasaran terutama di level pasar modern yang jaringannya luas.

“Adanya sertifikasi adalah bagian dari standarisasi produk. Dengan adanya itu maka bisa dijual melalui ritel dan pasar modern,” terang Aditya.

Pada tahun depan atau 2022 juga ada program RT Mandiri yang bentuknya adalah setiap lingkungan RT mendapat bantuan dana Rp75 juta untuk sarana dan prasarana termasuk membangun UMKM.

Baca juga: Banjir Kalsel, Air Masih Menggenang, Anggota TNI dan Polri di Kecamatan Juai Balangan Bantu Warga

“Melalui persetujuan DPRD Kota Banjarbaru dana program ini sudah dianggarkan. Dengan dana itu akan terlihat hasil pembangunan di tingkat RT termasuk perkembangan UMKM yang merupakan penopang perekonomian,” tandasnya.

Kemudian bagi UMKM yang lulus seleksi akan diberangkatkan ke luar negeri untuk berpromosi dan membuka pasar internasional, sehingga pasar akan semakin luas.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved