Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Dukung Usaha Kader, GP Ansor Kalsel Gelar Pelatihan Pendampingan UMKM di Banjarbaru

Pengurus GP Ansor gelar pelatihan bagi kader dan anggota Banser NU yang punya usaha, tempatnya di Gedung Asrama Haji, Landasan Ulin, Kota Banjarbaru.

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MILNA SARI
Pembukaan pelatihan bagi kader GP Ansor dan anggota Banser yang punya usaha, tempatnya di Gedung Asrama Haji, Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (27/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Banyak kader memiliki usaha, mendorong Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda (PW GP) Ansor menggelar pelatihan pendampingan UMKM, Sabtu (27/11/2021).

Kegiatannya di Gedung Asrama Haji Kalsel, Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Tak hanya diikuti kader GP Ansor dari Provinsi Kalsel, kader dari Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Timur juga hadir.

Ketua PW GP Ansor Kalsel, Teddy Suryana, mengatakan, program pendampingan UMKM bagi kader GP Ansor ini merupakan tindaklanjut pasca MoU GP Ansor pusat dengan Menteri BUMN Erick Thohir.

Ini untuk memastikan, kader GP Ansor yang telah memiliki usaha bisa berjalan lancar usahanya.

Baca juga: Amanah Borneo Park Gelar Borneo UMKM Expo 2021

Baca juga: Lion Air Kembali Buka Penerbangan Langsung ke Bali, Tiket Rp 600 Ribu

"Selama ini mereka sudah memiliki usaha di daerahnya masing-masing namun ada yang masih terkendala modal dan keberlanjutan usaha jadi dengan adanya pelatihan ini kita harap kader bisa lebih bersemangat dan berinovasi dalam usahanya," urai Teddy.

Kader yang dilatih kali ini, jelas Teddy, mayoritas dari Banser NU. Dalam organisasi GP Ansor, kader didorong agar memiliki usaha masing-masing di rumahnya.

"Setidaknya, mereka memiliki usaha walaupun warung kecil untuk menopang ekonomi keluarga, jika ditinggal bertugas istri mereka memiliki usaha di rumah," imbuhnya seraya menyebut jumlah kader di Kalsel sekitar 5.000 orang. 

Ditambahkan Wakil Ketua PP GP Ansor, Abdul Hakam Aqsho, pelatihan pendampingan untuk pelaku UMKM sudah lama diidamkan kader dan anggota Banser NU. Program ini sudah digagas sejak 1990-an. 

Bahkan saat ini, tambahnya, sudah banyak kader memiliki usaha. Namun diakuinya, masih ada yang belum berjalan lancar.

Baca juga: Galeri Produk Kerajinan Lahan Basah ULM Wahana Promosi Produk Kerajinan UMKM Daerah

Baca juga: Pedagang Online Kaget Dapat Tagihan Pajak Rp 35 Juta, Begini Aturan Pajak UMKM dan Olshop

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved