Breaking News:

Rakat Mufakat

Pemerintah Kabupaten HSS Terima Unit TPS3R dari Balai Prasarana Pemukiman Wilayah

Unit TPS3R diterima Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat melalui Dinas Perumahan Rakyat KPLH Kabupaten HSS di Desa Jembatan Merah Kecamatan Padang Batung

Penulis: Eka Pertiwi | Editor: Alpri Widianjono
DISKOMINFO KABUPATEN HSS
Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menerima Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) dari Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (26/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menerima Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah ( BPPW ) Provinsi Kalimantan Selatan. 

Unit TPS3R ini diterima Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat (KPP) melalui Dinas Perumahan Rakyat KPLH Kabupaten HSS, di Desa Jembatan Merah, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten HSS, Provinsi Kalsel, Jumat (26/11/2021).

Ketua KPP Jembatan Merah, Karlan, mengatakan, TPS3R yang sudah selesai dan mulai dioperasikan pada September 2021. 

Dikatakannya, TPS3R ini sangat bermanfaat khususnya bagi warga Desa Jembatan Merah dan sekitarnya.

"Total pelanggan saat ini sebanyak 290 Kepala Keluarga. Selama tiga bulan berjalan hingga November ini, sudah ada 113 kepala keluarga yang sadar membayar iuran untuk membantu biaya operasional," ujarnya.

Acara penyerahan Tempat Pengolaan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) di Desa Jembatan Merah, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (26/11/2021). (DISKOMINFO KABUPATEN HSS)
Acara penyerahan Tempat Pengolaan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) di Desa Jembatan Merah, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (26/11/2021). (DISKOMINFO KABUPATEN HSS) (DISKOMINFO KABUPATEN HSS)

Total sampah yang telah dikelola hingga saat ini berjumlah 3.546 kilogram. Terdiri dari sampah organik dan anorganik.

Camat Padang Batung, Heri Utomo, mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah menempatkan TPS3R di desa tersebut.

"Ini adalah unit TPS3R yang pertama untuk Kecamatan Padang Batung. Insya Allah beberapa waktu ke depan menyusul TPS3R di  desa lainnya. Sekarang ini juga sudah ada satu desa yang memiliki mobil pengangkut sampah sendiri. Pada Desember 2021 akan ada penambahan lagi sebanyak lima unit," katanya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat KPLH ( Dispera KPLH Kabupaten HSS ), Ronaldy Putra, ikut gembira dengan diserahkannya unit TPS3R Desa Jembatan Merah ini.

"Dengan demikian, Kabupaten Hulu Sungai Selatan sudah memiliki lima unit TPS3R dari 30 TPS 3R yang sudah kami usulkan dan rencanakan. Pemkab akan selalu mendukung ini. Harapan kami ke depan, TPS ini nantinya bisa mandiri," harapnya.

Foto bersama di lokasi penyerahan Tempat Pengolaan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R), yakni di Desa Jembatan Merah, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selata (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (26/11/2021).
Foto bersama di lokasi penyerahan Tempat Pengolaan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R), yakni di Desa Jembatan Merah, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (26/11/2021). (DISKOMINFO KABUPATEN HSS)
Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved