Breaking News:

Berita Banjarmasin

Rumah Ambruk di Jalan Kelayan A Banjarmasin, Begini Analisis Ketua Intakindo Kalsel

Ketua Intakindo Kalsel, Nanda Febryan Pratamajaya, menduga rumah ambruk di Kelayan A Banjarmasin karena fondasi tak kuat menopang bangunan dua lantai.

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MUHAMMAD RAHMADI
Rumah warga yang ambruk di Jalan Kelayan A, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (27/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Rumah ambruk di Jalan Kelayan A, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), besar kemungkinan disebabkan ketidaksesuaian fondasi dengan kontruksi bangunan.

Hal itu dikemukakan Ketua Ikatan Nasional Tenaga Ahli Konsultan Indonesia Kalimantan Selatan (Intakindo Kalsel), Nanda Febryan Pratamajaya, Sabtu (27/11/2021).

Sebab menurutnya berdasarkan analisis, kejadian tersebut hanya terjadi pada satu rumah pada kawasanan padat penduduk.

Sedangkan rumah lainnya masih dalam keadaan normal. Padahal menurutnya, jenis rumah di kawasan tersebut semuanya hampir tidak ada perbedaan.

Sehingga Nanda berasumsi, sangat kecil kemungkinan apabila kejadian tersebut dampak dari luapan air sungai yang belakangan terjadi.

Bisa simak video rumah ambruk di link ini: https://www.youtube.com/watch?v=yOqWHY3Syao 

Baca juga: Rumah Roboh di Jalan Kelayan A Banjarmasin, BPBD Duga karena Abrasi

Baca juga: Rumah Ambruk di Kelayan A Banjarmasin, Penghuni Rumah Mendengar Suara Tidak Biasa di Bagian Pondasi

"Memang saya tidak langsung ke lapangan, tetapi melihat video observasi dari jarak jauh bahwa kejadian tersebut tidak terjadi pada bagian lain di daerah itu, hanya tunggal. Kalau kita bicara faktor alam, pasti yang di sekitarnya juga kena, karena alam tidak tebang pilih," urainya.

Mengenai kejadian tersebut, Nanda memberikan imbauan kepada masyarakat gar jangan sampai mengembangkan bangunan di luar daya dukung rencana awal.

"Kalau fondasi disiapkan untuk satu lantai, maka jangan dikembangkan menjadi dua lantai. Kalaupun ingin menjadikan bangunan dua lantai, maka sebaiknya fondasi disiapkan yang sesuai dari awal," jelasnya.

Lanjut Nanda mengatakan, sebaiknya pula Pemko Banjarmasin bisa menggalakkan pengawasan, terkait perizinan mendirikan bangunan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved