Breaking News:

Berita Banjarmasin

Upaya Disperdagin Kota Banjarmasin Mendukung Program Pasar Bebas Plastik

Program Pasar Bebas Plastik disosialiasikan Disperdagin kepada pedagang di Pasar Pandu dan Pasar Pekauman di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalsel.

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/FRANS RUMBON
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) telah melaunching Program Pasar Bebas Plastik sejak Kamis (26/11/2021).

Program ini sama seperti yang sudah dilakukan selama ini, yakni larangan menggunakan kantong plastik di supermarket atau retail modern.

Sukses menjalankan program larangan menggunakan kantong plastik di retail modern, Pemko Banjarmasin pun untuk program kali ini menyasar pasar-pasar tradisional.

Setidaknya ada dua pasar tradisional yang akan menjadi uji coba ini, yakni Pasar Pandu Banjarmasin dan juga Pasar Pekauman dan berlaku sejak 13 Desember 2021.

Terkait dengan adanya program ini, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Banjarmasin pun akan segera menyosialisasikannya.

Baca juga: Gerakan Bebas Sampah Plastik Makin Masif di Banjarmasin, Usai Ritel Modern Rambah Pasar Tradisional

"Memang ini program dari DLH Banjarmasin, tapi karena lokusnya adalah pasar maka kami akan membantu mendukung mensosialisasikannya," ujar Kepala Disperdagin Banjarmasin, Ichrom Muftezar, kepada Banjarmasinpost.co.id, Sabtu (27/11/2021).

Sosialisasi ini, lanjut Tezar, merupakan hal yang sangatlah penting untuk mengedukasi masyarakat agar bisa berpartisipasi pula dalam upaya pengurangan sampah plastik di Banjarmasin.

"Kami akan mengedukasi pedagang agar tidak menggunakan kantong plastik, dan untuk pembeli juga kita himbau membawa tempat sendiri untuk berang belanjaannya seperti bakul purun dan sebagainya," jelasnya.

Selain akan menerjunkan tim ke dua pasar yang menjadi tempat percontohan, pria yang akrab disapa Tezar ini pun menerangkan akan melakukan sosialisasi dengan memasang spanduk.

"Mungkin mulai Senin nanti kawan-kawan di Bidang Pasar akan kita arahkan mulai melakukan sosialisasi, dan akan kita sosialisasikan juga dengan memasang spanduk di dua pasar ini," katanya.

Baca juga: Rumah Roboh di Jalan Kelayan A Banjarmasin, BPBD Duga karena Abrasi

Baca juga: Banjir di Kalsel - Perekonomian Pasar Keramat Barabai Lumpuh, Semua Toko Tutup

Dirinya berharap uji coba diet kantong plastik di dua pasar tradisional ini berhasil nantinya.

"Mudah-mudahan dengan adanya program ini, sampah plastik di dua pasar tradisional ini pun bisa diminimalisasi," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved