Breaking News:

Berita Tabalong

Gelar Wisata Budaya Aruh Banih di Desa Jaro Tabalong, Dimeriahkan Berbagai Kegiatan

Gelar Wisata Budaya Aruh Banih yang menjadi agenda tahunan di Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalsel kembali dilaksanakan

Penulis: Dony Usman | Editor: Hari Widodo
Prokopim Pemkab Tabalong untuk BPost
Tampilan tari di puncak Aruh Banih 4 di Wisata Embung Sawah Kampung Jawa Desa Jaro Kecamatan Jaro Tabalong, Minggu (28/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG-Gelar Wisata Budaya Aruh Banih yang menjadi agenda tahunan di Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), kembali dilaksanakan.

Rangkaian kegiatan Aruh Banih ke-4 yang juga dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-56 Tabalong ini, dipusatkan di lokasi Wisata Embung Sawah, Kampung Jawa, Desa Jaro, Kecamatan Jaro.

Dimulai, Sabtu (27/11/2021) kegiatan diisi pelaksanaan pelatihan ekonomi kreatif dan kemah wisata diiikuti Pokdarwis se Kabupaten Tabalong.

Sedangkan puncak acara, Minggu (28/11/2021) yang dihadiri langsung Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, diisi dengan berbagai kegiatan menarik berkaitan dengan budaya dan wisata.

Baca juga: Festival Wisata Budaya Pasar Terapung Kalsel Berlangsung dengan Sukses

Baca juga: VIDEO Festival Wisata Budaya Pasar Terapung, Peserta Fashion Carnaval Hibur Warga Banjarmasin

Diawali dengan prosesi pembukaan Gelar Wisata Budaya Aruh Banih, pentas budaya Aruh Banih ke-4, stand kuliner, wisata tanam padi, gropyokan tikus, lomba orang-orangan sawah dan karnaval pertanian.

Ketua Pelaksana Aruh Banih ke-4, Loki Santoso, dalam laporannya, menyampaikan, seharusnya kegiatan ini merupakan kali keenam untuk dilaksanakan.

Namun karena adanya pandemi Covid-19, sehingga selama dua tahun berturut-turut tidak ada dilaksanakan dan baru tahun ini kembali dapat digelar.

"Jadi karena adanya pandemi, maka di tahun 2019 dan 2020 tidak kita laksanakan, baru tahun ini kembali bisa kita laksanakan," katanya.

Gelaran Aruh Banih ini, lanjutnya, bertujuan untuk bisa menjadi ajang pertukaran informasi dan pengetahuan kepariwisataan, budaya, pertanian serta sektor lain dalam pencapaian kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

Kemudian juga bertujuan untuk bisa mengingat kembali nilai-nilai luhur budaya lokal yang ada.

Termasuk pula diharapkan bisa berimbas terhadap kebangkitan dan pengembangan obyek wisata yang juga turut terdampak karena pandemi.

Baca juga: Wisata Kalsel, Mengunjungi Wisata Budaya Balai Adat Dayak Desa Warukin Tabalong

Selain itu dengan bisa dilaksanakannya event tahunan Aruh Banih ini diharapkannya juga bisa ikut membangkitan aktivitas masyarakat yang sempat terdampak akibat pandemi Covid-19.

"Tentu saja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan yang dianjurkan pemerintah," katanya. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved