Breaking News:

Bumi Sanggam

Kelola Penanganan Sampai, Desa Mungkur Uyam Kabupaten Balangan Miliki TPS3R

Unit TPS3R =diterima Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat, melalui Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup di Desa Mungkur Uyam Kecamatan Juai, Balangan.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Alpri Widianjono
DISKOMINFO KABUPATEN BALANGAN
Camat Juai, Nanang Edward, meresmikan sarana program Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) di Desa Mungkur Uyam, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (27/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Pemerintah Kabupaten Balangan menerima Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah ( BPPW )  Provinsi Kalimantan Selatan.

Unit TPS3R ini diterima Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat (KPP) melalui Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup di Desa Mungkur Uyam, Kecamatan Juai, Balangan, Kalsel, Sabtu (27/11/2021). 

Disampaikan PPK Sanitasi BPPW Kalsel, Neiklen Rifen Kasongkahe, pembangunan TPS3R di Mungkur Uyam tersebut berasal dari dana APBN tahun 2021 senilai Rp 600 juta.

Tujuan dibangunnya TPS3R untuk membantu Pemkab Balangan dalam pengurangan sampah.

Serta, meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pengelolaan sampah serta Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi masyarakat Kecamatan Juai, khususnya Desa Mungkur Uyam.

"Jadi, TPS3R ini kami bangun dengan target minimal 200 kepala keluarga. Kemudian sampah-sampah di masyarakat dan di permukiman ini bisa diangkut dan dikelola di sini, serta bisa mengolah kompos, organik ataupun yang memiliki nilai ekonomis yang kemudian dijual dan diproduksi," jelas Neiklen.

Kemudian, Neiklen berharap untuk target perhari sampah yang bisa dikelola dan diproses dari TPS3R ini mencapai 0,8 ton.

Kepala Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan, Musa, mengucapkan terima kasih dan apresiasi untuk pihak dari Dinas PUPR Provinsi melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalsel yang memfasilitasi sehingga bisa terwujud dan terbangunnya TPS3R.

"Keberadaan TPS3R ini menjadi penunjang program pemerintah dalam hal penanganan dan pengurangan persampahan," paparnya.

Sementara itu, Camat Juai, Nanang Edward, mengatakan, dengan adanya TPS3R pihaknya berharap bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dan bisa berkembang ke desa-desa lainnya.

Terutama dalam hal pengelolaan dan pengolahan sampah, sehingga dapat memberikan manfaat lapangan pekerjaan, untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik.

"Saya harap di sini bisa menumbuhkan berbagai macam project daerah serta bisa menambah lapangan kerja juga dan mengurangi sampah untuk lingkungan agar lebih sehat," harapnya. (aol/*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved