Breaking News:

Berita Kabupaten Banjar

VIDEO Warga Sebut Debit Air Sungai Pengaron Kabupaten Banjar Kalsel Meningkat

Arus air Sungai Pengaron di Pengaron, Kabupaten Banjar, Kalsel, semakin naik, merendam kolong rumah panggung warga yang bertempat tinggal di bantaran.

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Debit air Sungai Pengaron di Desa Pengaron, Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, mengalami peningkatan, Minggu (28/11/2021). 

Kondisi itu diakui Nurdi, anggota Pokdarwis Benteng Oranje Nassau, Pengaron, Kabupaten Banjar, berpotensi meluap dan membanjiri akses jalan dan rumah warga. 

Dia melihat arus air semakin naik, merendam kolong rumah panggung warga yang bertempat tinggal di bantarannya. 

Dia mengaku kuatir kalau-kalau debit Sungai Pengaron meluap merendam jalan raya dan memutus akses milik Pemerintah Kabupaten Banjar.

Baca juga: VIDEO Banjir Kalsel di Balangan, Air Terus Meninggi di Wilayah Awayan dan Tebingtinggi

Baca juga: Danrem 101/Antasari Kerahkan Prajurit Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Kabupaten HST

Baca juga: Video Banjir Kalsel di Barabai Rendam Mapolres HST, Begini Penjelasan Kapolres AKBP Sigit Hariyadi

Pada awal 2021, Nurdi mengungkapkan, turut terdampak bencana banjir. Rumahnya terendam luapan air Sungai Pengaron. Terisolasi, andaikan tidak datang perahu karet dari relawan Kabupaten Tapin. 

Sungai Pengaron menampung air dari sungai kecil yang berada di wilayah Kecamatan Sungai Pinang yang berada di kawasan Pegunungan Meratus

Sementara itu, Kepala Polsek Pengaron, Iptu Herry Bombay, saat dikonfirmasi Banjarmasinpost, Minggu malam, membenarkan debit Sungai Pengaron naik. 

"Untuk wilayah Pengaron, memang ada peningkatan sedikit debit air sungai, tapi belum ke jalan. Hujan, tapi tidak deras. Hanya seperti gerimis, kadang agak besar sebentar," katanya.

Baca juga: Banjir Kalsel di HSU, Plt Bupati Husairi Abdi Pantau Banjir di Banjang

Baca juga: Video Banjir Kalsel Rendam Kota Barabai, Gelombang Pengungsian Terus Mengalir

Baca juga: Banjir Kalsel : Sungai Balangan di Kecamatan Banjang Meluap, Warga Susun Karung Pasir di Depan Rumah

Mengenai kegiatan masyarakat jika menghadapi Sungai Pengaron meluap, Iptu Herry Bombay mengatakan, mereka seperti biasanya mengungsi ke daerah yang lebih tinggi. 

"Saat ini masyarakat masih belum ada reaksi. Tapi apabila air sudah naik ke jalan, seperti biasa,  warga ke tempat lebih tinggi atau mengungsi ke tempat kerabatnya yang rumahnya lebih tinggi," tutup Iptu Herry Bombay. 

(Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved