Breaking News:

Berita Banjar

27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Banjar Ikuti Uji Kompetensi

Pemkab Banjar lakukan uji kompetensi puluhan pejabatnya untuk kebutuhan penataan organisasi atau SOTK baru di lingkungan Kabupaten Banjar.

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Syaiful Akhyar
banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid
Puluhan pejabat Pemkab Banjar ikuti uji kompetensi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pemkab Banjar lakukan uji kompetensi puluhan pejabatnya untuk kebutuhan penataan organisasi atau SOTK baru di lingkungan Kabupaten Banjar.

Sesuai aturan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama hanya dapat diduduki paling lama 5 tahun, dapat diperpanjang dengan berdasarkan pencapaian kinerja, kesesuian kompetensi dan kebutuhan instansi.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat membuka resmi kegiatan Uji Kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar, di salah satu hotel di Kota banjarbaru, Sabtu (27/11/2021)

Menurut Saidi, kegiatan ini sangat penting sebagai upaya menempatkan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama secara profesional.

Baca juga: Banjir Kalsel 2021 - Gubernur Paman Birin Instruksikan SKPD Bergerak Cepat Bantu Korban

Baca juga: Kebakaran di Kalsel : Gara-Gara Korsleting, Tiga Rumah di Desa Panggandingan HSS Terbakar

Baca juga: Banjir Kalsel 2021 - Polres HST Buka Dapur Umum untuk Layani Para Pengungsi

Hal itu berdasarkan kompetensinya guna pengisian pejabat menyesuaikan perubahan Perda Kabupaten Banjar No. 13 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah,

Dikatakan Bupati Banjar, melalui uji kompetensi ini, dapat digali pengetahuan, minat, keahlian, sikap dan kemampuan dari pejabat pimpinan tinggi pratama dalam menduduki suatu jabatan.

"Dari kegiatan ini, akan mendapatkan pejabat yang berkualitas dan berintegritas, sehingga dapat ditempatkan dalam jabatan yang nantinya dapat mengawal pencapaian Visi Misi kepala daerah sebagaimana yang termuat dalam Perda RPJMD 2021-2026,” harapnya.

Uji kompetensi yang berlangsung selama satu hari ini, dihadiri Sekda Banjar HM Hilman sekaligus ketua panitia Uji Kompetensi, Unit Konsultasi dan Pelayanan Psikologi (UKPP) Fakultas kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Sukma Nor Akbar beserta tim, serta puluhan pejabat peserta uji kompetensi.

Syahidi Amrullah, selaku Kabid Mutasi Promosi Informasi pada Badan Kepegawaian Daerah Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Banjar mengatakan uji kompetensi itu diikuti 27 jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar.

Menurutnya dari 27 pejabat itu, satu yang absen, yaitu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Diauddin karena sudah mendapatkan izin dari Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar.

"Apakah nanti susulan untuk kepala dinas kesehatan, tergantung kebijakan Ketua Pansel dalam hal ini pak Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar," katanya.

BKDPSDM Kabupaten Banjar sudah melaksanakan uji kompetensi para jabatan pimpinan tinggi pratama, bersama asesor dari Universitas Lambung Mangkurat.

"Nanti hasil uji kompetensi itu tergantung pimpinan," tutupnya.

(banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved