Breaking News:

Berita Kotabaru

Anggota Polsek Pulaulaut Barat Kotabaru dan Istri Bantu Proses Melahirkan dalam Ambulans

Bripka Aan Setiawan anggota Polsek Pulau Laut Barat Polres Kotabaru bersama bhayangkarinya yang seorang bidan, menolong ibu melahirkan dalam ambulans

Penulis: Man Hidayat | Editor: Eka Dinayanti
polres kotabaru
Seorang ibu yang melahirkan di ambulans di kotabaru 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Bripka Aan Setiawan anggota Polsek Pulau Laut Barat Polres Kotabaru bersama bhayangkarinya yang seorang bidan, menolong ibu melahirkan dalam mobil ambulans saat diperjalanan menuju RSUD Kotabaru, Minggu (28/11) sekitar pukul 09.00 Wita.

Diperoleh keterangan, identitas pasien atas nama Kamsiyah yang sedang hamil tua, merupakan warga Rt 3 Desa Gosong Panjang Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar Kabupaten Kotabaru.

Kejadian bermula saat mengetahui dari hasil diagnosa tenaga kesehatan Puskesmas Tanjung Selayar bahwa pasien mengalami ketuban pecah dini dan harus dirujuk ke RSUD Kotabaru.

Kapolsek Pulau Laut Barat Ipda Ramli Aziz memerintahkan anggotanya Bripka Aan dan istrinya, Enny Aan Setiawan yang kebetulan seorang bidan untuk mengawal dan mendampingi pasien menuju RSUD, mengingat jarak tempuh yang sangat jauh dan takut terjadi sesuatu dengan pasien.

Baca juga: Sekda Kabupaten Kotabaru Said Akhmad Beri Penghargaan Kepada Perusahaan Air Kemasan Mesiq

Baca juga: Kegiatannya Tak Direspons, Wabup Kotabaru Turun Tangan Persiapkan Acara Maulid Nabi Muhammad SAW

Di tengah perjalanan tepatnya di Desa Sebanti Kecamatan Pulau Laut Barat, pasien merasakan bahwa kepala bayi sudah di depan jalan lahir.

Setelah itu, Enny segera membantu proses persalinan dalam mobil ambulans milik Puskesmas Tanjung Selayar karena tidak terlihat ada rumah di sekitarnya.

Tepat pukul 09.30 Wita telah dilahirkan dalam mobil ambulans seorang bayi berjenis kelamin perempuan dengan berat 3,2 Kg dengan kondisi ibu dan bayi selamat.

Setelah persalinan selesai kemudian pasien dibawa ke rumahnya dan tidak jadi dirujuk ke RSUD Kotabaru.

Kapolres Kotabaru AKBP Gafur Aditya Siregar melalui Kapolsek Pulau Laut Barat Ipda Ramli Aziz mengatakan bahwa dirinya telah mengetahui tentang hal ini dari laporan anggotanya.

Baca juga: Warga Tanahbumbu Diminta Buat Pembibitan Rumput Laut untuk Kalsel

Baca juga: Pemkab Tanahbumbu Terima Penghargaan, Berhasil Pertahankan PPKM Level 1 dan Capaian Vaksinasi Tinggi

"Saya sudah tahu dari laporan anggota saya, bahwa Bripka Aan bersama istrinya menolong ibu melahirkan dalam mobil ambulans saat mengawal dan mendampingi pasien menuju RSUD Kotabaru," terang Kapolsek.

“Kegiatan ini kami lakukan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Karena mengingat jarak antara Tanjung Selayar ke RSUD Kotabaru lumayan jauh dengan perjalanan darat sekitar 3 jam dikhawatirkan terjadi sesuatu terhadap pasien,” imbuh Kapolsek.

Rosminah (Sepupu pasien) dan Kamsiyah (Pasien) mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi–tingginya kepada Bripka Aan dan Istrinya, karena bantuan dan pertolongannya, anaknya sudah lahir dengan selamat dan sehat.

“Terima kasih Pak Aan dan Bu Enny, karena bantuan dan pertolongan pian, anak kami sudah lahir dengan selamat dan sehat,” terang keduanya.

(Banjarmasin post.co.id/man hidayat)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved