Breaking News:

Berita HSU

Melawan Kuruna Antar Warga Kabupaten HSU Ini Juara Favorit Lagu Banjar

Warga Amuntai Kabupaten HSU, Noor Lathifah, menjadi juara favorit dapat trofi Paman Birin di lomba cipta lagu banjar berjudul Malawan Kuruna.

Penulis: Syaiful Anwar | Editor: Alpri Widianjono
ISTIMEWA
Noor Lathifah bersama keluarga, memperlihatkan hadiah yang diraihnya di event lomba cipta Lagu Banjar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Nama Noor Lathifah di dunia tarik suara di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), sudah tak asing lagi.

Perempuan berjilbab dari Amuntai ini dikenal sebagai penyanyi di Sanggar Air Hulu Sungai Utara.

Selain memiliki suara emas, Lathifah juga memiliki bakat menciptakan lagu. "Saya belajar juga menciptakan lagu. Alhamdulillah, sudah ada lima lagu hasil karya saya," ujarnya, Senin (29/11/2021).

Kelima lagu yang diciptakan karyawan honorer Sekretariat DPRD Kabupaten HSU ini adalah Merinda Ayah, Balogo Kita Balogo, Fatwa Berjodoh, Nabi Muhammad Utusan Allah dan Malawan Kuruna.

Baca juga: Banjir Kalsel di HSU, Plt Bupati Husairi Abdi Pantau Banjir di Banjang

Baca juga: Plt Bupati HSU Husairi Abdi Minta RSUD Pambalah Batung Pertahankan Akreditasi Paripurna

"Lagu terakhir, khusus saya ciptakan untuk mengikuti lomba cipta lagu banjar bertema perjuangan memperebutkan trofi Paman Birin. Alhamdulillah, meraih juara favorit," papar Lathifah.

Ditambahkan perempuan kelahiran Samarinda, 20 Februari 1993, ini menciptakan lagu teresbut kira-kira lima hari sampai menyusun lirik lagunya. Kemudian diteruskan ke arranger tim Yayasan Sanggar Air Hulu Sungai Utara.

"Untuk produser musik oleh Munir dan Bang Iwan, Music Director dibuat Sarif R, Munir dan Bang Iwan, serta elegan chord by Bang Iwan," katanya.

Dijelaskan Lathifah, dirinya menulis lagu Malawan Kuruna karena melihat upaya Pemerintah Kalsel saat ini seperti yang telah dicanangkan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin melalui Program Vaksinasi Bergerak.

Baca juga: Peringatan HKN ke-57 di HSU, Plt Bupati Husairi Abdi Ingatkan Prokes dan Vaksinasi Covid-19

Baca juga: Raih Penghargaan Nasional, Bidan di HSU Ini Terinspirasi Tingginya Ibu Hamil Beresiko Tinggi

"Dapat ide untuk membuat lagu perjuangan melawan Covid-19. Lagu ini terinspirasi dari ajakan Paman Birin untuk selalu semangat melawan Covid-19, berjuang sama-sama, Haram Manyarah Waja Sampai Kaputing seperti semangat juang pahlawan Kalsel Pangeran Antasari," katanya.

Ia sebenarnya tidak menyangka menang sebagai juara favorit karena saingan berat sekali, terkumpul para musisi dan pencipta lagu banjar yang sudah ternama.

(Banjarmasinpost.co.id/Syaiful Anwar)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved