Breaking News:

Lifestyle

Tiga Tahun Bertugas di Rutan Tanjung, Sipir Perempuan Ini Ajak Warga Binaan Kreatif Bikin Kerajinan

udah sejak 2018, Rina Maulida Safitri mengabdikan dirinya menjadi seorang sipir perempuan di Rutan Tanjung. Ia pun suka mengajak warga binaan kreatif

Penulis: Dony Usman | Editor: Hari Widodo
istimewa
Rina Maulida Safitri , sipir Rutan Tanjung. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG-Sudah sejak 2018, Rina Maulida Safitri mengabdikan dirinya menjadi seorang sipir perempuan di Rumah Tahanan (Rutan) Negara Kelas IIB Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Perempuan kelahiran Kabupaten HSS tahun 2000 ini, mengaku tidak pernah ada merasa terbebani dan justru bangga akan profesi yang saat ini diembannya.

Bertugas sebagai sipir jelas bukan perkara gampang. Sebagai sipir perempuan, Rina dituntut untuk sigap dalam melaksanakan tugasnya yang setiap hari bertatapan langsung dengan tahanan atau narapidana perempuan.

Hampir tiga tahun berjalan, Rina sapaan akrabnya, juga mengaku senang melihat warga binaan pemasyarakatan, baik para tahanan atau narapidana perempuan yang dijaganya dapat berkegiatan positif selama menjalani pidana.

Baca juga: Mendadak Kunjungi Rutan Tanjung, Ketua DPRD Kalsel Supian Beri Bantuan Alat Pelindung Diri

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Rutan Tanjung Tabalong Sasar Hampir Semua Warga Binaan

Baca juga: Peringati Hari Dharma Karyadhika, Rutan Tanjung Bantu Warga Tedampak Covid-19 dan Donor Darah

“Suka melihat para tahanan dan narapidana berkegiatan, jadi selama menjalani pidana itu ada mendapatkan bekal hingga bebas tidak lagi mengulangi perbuatannya," ungkap perempuan lulusan SMKN 2 Simpang Empat, Tanah Bumbu itu.

Tak jarang, dirinya juga sering mengajak para warga binaan untuk kreatif membuat suatu kerajinan atau sekadar membuat kue. 

Hal tersebut dilakukannya untuk bisa menumbuhkan semangat dari warga binaan di Rutan Tanjung agar menjadi diri yang lebih baik, termasuk siap kembali ke masyarakat setelah bebas dari menjalani hukuman.(banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved