Breaking News:

Banjir Kalsel 2021

Banjir Kalsel 2021 - Babinsa Evakuasi Warga dari Rumah Terendam di Danau Terate Kabupaten HSU

Banjir Kalsel 2021. Babinsa gendong warga dari lokasi banjir ke tempat aman di Desa Danau Terate, Kecamatan Banjang, Kabupaten HSU, Rabu (1/12/2021).

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Alpri Widianjono
KODIM 1001/HSU-BLG
Banjir Kalsel 2021. Babinsa gendong warga dari tempat tinggal yang terendam ke tempat pengungsian di Desa Danau Terate, Kecamatan Banjang, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (1/12/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Banjir Kalsel 2021. Curah hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), beberapa hari ini mengakibatkan banjir.

Babinsa Koramil  1001-07/Amuntai Tengah, Praka Hendra Fratama, mengevakuasi dan juga memantau warga binaan yang terdampak banjir di Desa Danau Terate, Kecamatan Banjang, Kabupaten HSU, Rabu (1/12/2021).

Seluruh Babinsa Kodim 1001/HSU-BLG juga memantau langsung desa binaan, sekaligus melaksanakan evakuasi warga yang terdampak banjir.

Kepala Desa Danau Terate, Abdullah (38), mengatakan, warganya berjumlah 144 KK total 429 jiwa dan rumah yang terdampak banjir 108 buah.

Baca juga: Sidang Korupsi Proyek Irigasi HSU, Jaksa Ungkap Terdakwa Setor Fee 15 Persen Kepada Bupati Non Aktif

Baca juga: KPK Telusuri Uang Pembelian Mobil Baru Bupati HSU, Barang Bukti Disita dari Ketua DPRD HSU

"Kami dibantu Babinsa untuk mengavakuasi warga yang rumahnya terendam banjir. Saya mengucapkan terima kasih kepada TNI khususnya Babinsa Koramil 07/Amuntai Tengah yang telah membantu pelaksanaan evakuasi warga, sehingga dalam pelakasanaan evakuasi ini berjalan dengan aman," ujarnya. 

Sementara itu, Babinsa Praka Hendra menjelaskan, Desa Danau Terate memang sering dilanda banjir. Apalagi pada saat penghujan, dikarenakan pemukiman masyarakat sangat dekat dengan aliran sungai.

Selain membantu mengevakuasi warga yang terdampak ke tempat yang aman, Babinsa Koramil 07/Amuntai terus memonitor keadaan, serta situasi di wilayah binaan kami. Sekaligus, mendata kerugian yang dialami warga.

"Dalam evakuasi ini, kami bersama masyarakat Desa Danau Terate harus menggunakan perahu atau jukung, mengingat akses ke Desa Danau terate sangat sulit dan harus menggunakan Perahu," ujarnya.

Baca juga: Banjir Kalsel 2021 - Beberapa Ruas Jalan di Amuntai Kabupaten HSU Ditutup

Baca juga: Peduli Korban Banjir HST, Polwan Polres Tabalong, Balangan dan HSU Salurkan Bantuan

Sementara itu, Dandim 1001/HSU-BLG, Letkol Inf Aldin Hadi, menginstruksikan semua personel untuk siap siaga membantu warga terdampak dan mengantisipasi saat air makin naik.

"Kepada seluruh anggota yang bertugas di lapangan untuk tetap waspada dan mengutamakan faktor keamanan guna menghindari kerugian materil dan perseonel," ucap Dandim.

(Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved