Breaking News:

Berita Balangan

Diduga Mengandung karisoprodol, Puluhan Ribu Obat Curah Diblender di Mako Polres Balangan 

Puluhan ribu butir obat curah yang diduga mengandung narkotika jenis karisoprodol dimusnahkan di Mako Polres Balangan dengan cara diblender

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Kapolres Balangan, AKBP Zaenal Arifin bersama unsur Forkopimda memusnahkan obat curah diduga mengandung narkotika jenis karisoprodol di halaman Mako Polres Balangan, Rabu (1/12/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Beberapa waktu lalu, Sat Resnarkoba Polres Balangan beserta jajaran berhasil mengamankan tersangka kasus tindak pidana penyalahgunaan obat-obatan.

Sedikitnya, lebih dari 50 ribu butir obat curah mengandung narkotika jenis karisoprodol diamankan sebagai bukti. Para tersangka pun dibekuk dan langsung ditangani oleh jajaran Polres Balangan

Barang bukti yang didapat, yakni puluhan ribu obat curah kini dimusnahkan. Kegiatan pemusnahan barang bukti tersebut dilangsungkan di Mako Polres Balangan,  Rabu (1/12/2021).

Kapolres Balangan, AKBP Zaenal Arifin bersama Kajari Balangan, La Kanna dan Kepala BNN Kabupaten Balangan serta Kepala PN Paringin melaksanakan pemusnahan tersebut. 

Baca juga: Edarkan Obat Curah di Paringin, Warga Batupiring Diamankan Sat Resnarkoba Polres Balangan 

Baca juga: Amankan Penjual Obat di HSU, Polres Balangan Sita Puluhan Ribu Obat Curah

Obat-obatan yang menjadi barang bukti dihancurkan sedemikian rupa menggunakan blender. 

Adapun barang bukti yang dimusnahkan meliputi 52 paket besar obat curah bentuk tablet bulat warna putih yang diduga mengandung narkotika jenis karisoprodol isi 1000 butir per paket, dengan total 52.000 butir.

Kemudian disisihkan 1000 butir untuk pembuktian di persidangan, sedangkan sisanya sebanyak 51 paket besar atau 51.000 butir dimusnahkan.

Selain itu, dimusnahkan pula 140 paket kecil obat curah bentuk tablet bulat warna putih yang diduga mengandung narkotika jenis karisoprodol isi 25 butir perpaket dengan total 3.500 butir.

Kemudian disisihkan sebanyak satu paket isi 25 butir untuk uji sample di BPOM Banjarmasin. Serta disisihkan empat 0aket isi 100 butir untuk pembuktian di persidangan. Sisanya dimusnahkan.

Barang bukti lainnya yang juga dihancurkan pada giat tersebut yaitu 282 paket kecil obat curah tanpa merek bentuk tablet lonjong warna putih isi 12 butir per paket dengan total 3.384 butir. Disisihkan satu paket guna uji sampel di BPOM Banjarmasin dan enam paket untuk pembuktian di persidangan, sisanya dimusnahkan.

Perihal giat kali ini, Kapolres Balangan, AKBP Zaenal Arifin menerangkan, semua barang bukti yang diamankan dari hasil tindak pidana akan dimusnahkan. Sebagian di antaranya digunakan untuk sampel pada persidangan. 

Tentunya ungkap kasus obat curah yang diduga mengandung narkotika jenis karisoprodol tersebut ucap AKBP Zaenal menjadi perhatian khusus bagi Polres Balangan. 

Baca juga: VIDEO Gerebak Toko Obat di HSU,  Sat Resnarkoba Polres Balangan Sita Puluhan Ribu Obat Curah

"Penyelidikan akan terus kami lakukan guna memastikan tidak ada lagi peredaran obat serupa," ungkap Kapolres. 

Lebih lanjut, ia juga mengajak masyarakat untuk bekerjasama dengan cara melaporkan kepada pihak berwajib apabila mengetahui adanya orang yang mengedarkan atau memakai obat-obatan terlarang tersebut.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti) 
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved