Breaking News:

Berita Banjarbaru

Permukiman Semakin Padat, PDAM Intan Banjar Akan Tambah air curah dari IPA Pinus 2

Desember 2021 akan hadir IPA Pinus 2, yang menghasilkan 500 liter perdetik, maka kebutuhan air bersih di Kabupaten Banjar dan Banjarbaru terpenuhi

Penulis: Siti Bulkis | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/siti bulkis
Direktur Utama PDAM Intan Banjar, Syaiful Anwar 

BANJARMASINBPOST.CO.ID, BANJARBARU - Seiring padatnya permukiman dan bertambahnya penduduk, PDAM Intan Banjar perlu pasokan air curah untuk diolah menjadi air bersih guna disalurkan ke pelanggan.

Direktur Utama PDAM Intan Banjar, Syaiful Anwar, menggambarkan kebutuhan air untuk Masyarakat Banjarbaru dan Banjar belum mencukupi.

"Sejauh ini PDAM intan Banjar memanfaatkan air curah dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Pinus 1, baru 150 liter per detik, dan 200 liter perdetik dari intake kami sendiri," kata Syaiful.

Desember 2021 akan hadir IPA Pinus 2, yang akan menghasilkan 500 liter perdetik, maka kebutuhan air bersih di Kabupaten Banjar dan Banjarbaru diyakini akan terpenuhi.

Baca juga: Banjarbaru Jadi Daerah Pertama di Kalsel Capai Target 70 Persen Vaksinasi

Baca juga: Gratis Ongkos Kirim Bagi Pelaku UMKM di Kota Banjarbaru, Begini Syaratnya

Dia menggambarkan, pelanggan PDAM makin bertambah seiring padatnya penduduk, dan hadirnya IPA Pinus 2 ini akan menopang bahan baku air curah dari PDAM Intan Banjar.

Contoh saja, pelanggan di kawasan Landasan Ulin sudah mencapai 26 ribu pelanggan.

Belum lagi di Banjarbaru pelanggannya mencapai 52 ribu.

Makin banyaknya pelanggan maka memerlukan banyak pula pasokan air untuk diolah menjadi bersih untuk disalurkan ke rumah tangga.

Saat ini suplai air ke rumah pelanggan yang di ujung-ujung tidak terlalu deras seperti Perumahan Seribu dan Liang Anggang arah Batibati, Kertak Hanyar.

"Kedepan, jika IPA 500 liter perdetik beroperasi bisa kita manfaatkan untuk suplai arah bandara, hingga Gambut. Jika hanya mengandalkan yang 350 liter per detik tidak mencukupi lagi, apalagi semakin banyak perumahan," tandasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved