Breaking News:

Berita Kalbar

Rumah di Sungai Kapuas Roboh Lalu Tenggelam ke Air, Begini Ibu dan Balita Selamatkan Diri

Seorang ibu dan balitanya selamat saat rumah yang ditempatinya roboh lalu tenggelam di air

Editor: Hari Widodo
TRIBUNPONTIANAK/Ferryanto
Rumah di Gang Sutera, Jalan Tanjung Raya 2, yang berada di tepian sungai Kapuas Roboh diduga akibat tiang pondasi yang tidak kuat, Selasa 1 Desember 2021. 

BANJARMASINPOST.CO.ID , PONTIANAK - Seorang ibu dan balitanya selamat saat rumah yang ditempatinya roboh tenggelam di Sungai Kapuas, Selasa, 30 November 2021 sore.

Insiden ini terjadi di Gang Sutera, jalan Tanjung Raya 2, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak, yang berada di tepian sungai Kapuas Roboh pada Selasa 30 November 2021 sore.

Rumah yang dibangun diatas sungai Kapuas dengan bentuk rumah panggung itu roboh dan seluruh bagian rumahnya masuk kedalam air.

Pada saat kejadian penghuni rumah yang terdiri dari seorang ibu bernama Syarifah Windah dan anaknya yang masih balita yang mengontrak di rumah itu berada di dalamnya.

Baca juga: Rumah Roboh di Jalan Kelayan A Banjarmasin, BPBD Duga karena Abrasi

Baca juga: Meli Lida Ungkap Fakta Rumah Roboh, Peristiwa Terjadi di Cianjur Jawa Barat

keduanya berhasil selamat tanpa cidera apapun, Walaupun mengalami syok akibat peristiwa itu.

Hazmi, ketua RW setempat menyampaikan bahwa kejadian itu terjadi pada sekira pukul 18.00 WIB.

Dikatakannya, Tidak ada hujan deras disertai angin kencang ataupun gelombang besar saat kejadian. Namun secara tiba-tiba, diduga akibat pondasi bagian belakang rumah yang tidak kuat, Lalu bergeser sehingga membuat rumah itu roboh.

"Tiba - tiba roboh saja, pondasi mungkin tidak kuat sehingga roboh, dan pada saat roboh ada penghuni di dalam,"ungkapnya.

Saat kejadian ia mengungkapkan bahwa korban sempat terkunci di dalam rumah dan tidak bisa keluar karena pintu rumah macet saat hendak dibuka.

"Tapi Alhamdulillah ada warga langsung menolong mereka, dengan cara memecahkan kaca jendela dan korban bisa keluar,"tuturnya.

Kemudian warga pun segera melakukan pemutusan arus listrik kerumah yang roboh itu agar tidak membahayakan. Ia memastikan bahwa ibu dan anak itu dalam kondisi baik dan tidak cidera apapun, dan saat ini sudah ke rumah keluarganya.

"Kondisinya baik - baik saja, tapi memang syok karena kejadian,"ujarnya.

Baca juga: VIDEO Kondisi Rumah Roboh di Jalan Rama, Gatot Subroto Banjarmasin

Ketua RW itu mengungkapkan bahwa rumah yang roboh itu menurut sang pemilik beberapa waktu lalu pernah mengalami kerusakan pada bagian tiang pondasi, dan diperbaiki.

"Dulunya pernah tersenggol tongkang ya, tapi sudah diperbaiki, lalu mungkin karena sudah lama dan tergerus air, sehingga pondasinya tidak kuat," tutupnya. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul Rumah Warga di Pinggir Sungai Kapuas Roboh, Ibu dan Balita Sempat Terkunci Selamat Ditolong Tetangga

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved