Berita Kabupaten Banjar

Anggota Tagana Kabupaten Banjar Jalani Asesmen, Dapat Tali Asih Rp 250 Ribu Per Bulan

Asesmen anggota Tagana di Aula Kantor Kecamatan Martapura Kota, Jalan Sekumpul Ujung, Desa Bincau, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kamis (2/12/2021)

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MUKHTAR WAHID
Asesmen anggota Tagana berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Martapura Kota di Jalan Sekumpul Ujung, Desa Bincau, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (2/12/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), menjalani serangkaian diasesmen. 

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Martapura Kota, Jalan Sekumpul Ujung, Desa Bincau, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kamis (2/12/2021). 

Asesmen dibuka Kepala Dinas Sosial Kabupaten Banjar, Ahmadi. Sebelumnya, dia menyampaikan pengantar tentang tugas dan tanggungjawab serta sanksi apabila anggota Tagana lalai dalam tugasnya. 

Satu persatu anggota Tagana Kabupaten Banjar maju ke depan meja untuk diwawancara pegawai Dinas Sosial Kabupaten Banjar selaku asesor. 

Informasinya diperoleh, setiap anggota Tagana yang diasesmen mengisi menjawab kuesioner yang berisi 30 item pertanyaan. 

Baca juga: VIDEO Dana Insentif Tak Jelas dan Uang Piket Tak Dibayar, Tagana Banjar Ngeluruk ke DPRD Banjar

Baca juga: Ketua Forum Tagana Kabupaten Banjar Syuhada Bersyukur Dana Insentif Akan Dibahas DPRD

Terakhir, anggota Tagana mengisi surat pernyataan kesediaan sebagai Tagana dan bersedia diberi sanksi apabila lalai oleh Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan.  

Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Banjar, H Nursapiullah, mengatakan, pelaksanaan asesmen ini sesuai surat dari Dinas Sosial Kalsel.

"Intinya, kegiatan berlaku bagi seluruh anggota Tagana di kabupaten dan kota se Kalsel. Bahasa halusnya, apakah masih bersedia menjadi anggota Tagana pada tahun 2022. Tagana adalah relawan sosial yang dinaungi Kementerian Sosial dan pembinaan Dinas Sosial Kabupaten Banjar," katanya.  

Dasar asesmen ini paling lambat diterima Dinas Sosial Kalsel pada 15 Desember 2021. Karena, akan diusulkan mendapatkan tali asih dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.  

Mengenai dana tali asih dari Kabupaten Banjar untuk anggaran 2022, dikatakan, menyesuaikan kemampuan keuangan daerah.

Baca juga: Tenggelam di Kalsel - Perbaiki Titian, Warga Tambak Anyar Ulu Tercebur ke Sungai Martapura

Baca juga: VIDEO Banjir Kalsel 2021 - Jalan Melati dan Rumah Warga di Bincau Kabupaten Banjar Terendam

"Tahun ini, tali asihnya diberikan Rp 250 ribu per bulan. Tahun 2022 semoga tali asih anggota Tagana tidak dikoreksi," katanya. 

Sementara itu, Syuhada, Ketua Forum Tagana Kabupaten Banjar, mengaku sudah menandatangani kesediaan sebagai anggota Tagana di Kabupaten Banjar.  

"Saya dan teman-teman sudah paham seperti apa kerja relawan Tagana saat pra bencana, saat bencana maupun pascabencana," ujarnya. 

Namun kalau ada anggaran tali asih tentu anggota Tagana, tentu hak itu yang dituntut. Karena, dana tali asih tersebut dianggarkan.  

Asesmen diikuti 60 anggota Tagana Kabupaten Banjar, terdiri dari 35 anggota Tagana Kabupaten Banjar senior dan selebihnya merupakan anggota Tagana junior yang belum memiliki nomor induk anggota Tagana.

(Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved