Breaking News:

Berita Tapin

Bank Kalsel Gandeng BUMDes di Tapin Tingkatkan Pelayanan Perbankan hingga Pelosok Desa

Sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Tapin dengan Bank Kalsel untuk mendukung peningkatkan inovasi dari segi produk unggulan BUMDes

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/stan
Penandatanganan kerja sama antara BUMDes Tapin Bersama Bank Kalsel tingkatkan pelayanan perbankan di Desa 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Perluas layanan perbankan hingga ke pelosok desa, Bank Kalsel gandeng BUMDes teken kerjasama perluasan kemudahan penerimaan akses layanan jasa Bank Kalsel melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di seluruh Kabupaten Tapin, Kamis, (02/12/2021).

Sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Tapin dengan Bank Kalsel untuk mendukung peningkatkan inovasi dari segi produk unggulan BUMDes maupun teknologi tepat guna serta memudahkan transaksi bagi masyarakat di tiap desa.

Kepala Dinas PMD Tapin, Rahmadi mengatakan kerjasama ini dapat memaksimalkan pendanaan pemetaan ekonomi desa dari pemerintah yang dicanangkan pada tahun 2021.

Baca juga: Dukung Pencapaian Target 70 Persen, BIN Kalsel Salurkan Ribuan Vaksin di Tapin

Baca juga: Diresmikan Wagup dan Bupati, Enam Pertashop Bumdes Resmi Hadir dan Beroperasi di Tapin

"Intinya adalah mempermudah bagi pembangunan desa," jelasnya.

Rahmadi mengatakan dengan adanya sinergi antara Bank Kalsel, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Pemerintah Kabupaten Tapin, bersama dengan pendamping desa, harapannya inovasi di desa dapat semakin meningkat guna mendukung pembangunan ekonomi daerah.

"Seperti yang telah diketahui, bahwa setiap desa memiliki badan usaha yang dikelola oleh pemerintah desa atau lebih dikenal dengan sebutan BUMDes," lanjutnya.

Rahmadi mengatakan BUMDes memiliki tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan cara mengelola potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, yang mana kemudian BUMDes ini menjadi salah satu sumber ekonomi desa.

Baca juga: Harga Minyak Goreng Meroket, Ibu Rumahtangga dan Pedagang di Banjarbaru Harapkan Operasi Pasar

Baca juga: Sempat Terendam Banjir, 2 Ribu Bibit Ikan Gurame di Kolam BBI Kambitin Tabalong Ludes Terbawa Air

Untuk diketahui, jumlah desa di Kabupaten Tapin ialah sebanyak 126 Desa, yang tersebar di 12 Kecamatan.

Atas hal tersebut, Bank Kalsel gandeng BUMDes untuk menjadi mitra bagi Bank Kalsel untuk memberikan layanan jasa keuangan di lokasi-lokasi yang tidak tersentuh jaringan kantor Bank Kalsel, khususnya di desa atau kecamatan.

Adapun sistem yang digunakan sama dengan sistem PPOB (Payment Point Online Bank) yang saat ini telah diimplementasikan di seluruh payment point Bank Kalsel dengan menggunakan jaringan internet.

(Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus sene)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved