Breaking News:

Berita Banjarmasin

Sempat Terganjal, Administrasi Pelantikan Sekdako Banjarmasin Akhirnya Beres

Administrasi yang sempat mengganjal prosesi pelantikan Sekdako Banjarmasin, Ikhsan Budiman adalah berupa surat dari Pemprov Kalsel

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/frans
Karangan bunga terkait ucapan pelantikan Sekdako Banjarmasin terpilih, Ikhsan Budiman mulai menghiasi Balai Kota Pemko Banjarmasin sejak Selasa (30/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sempat terganjal hal administrasi, rencana pelantikan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Banjarmasin terpilih, Ikhsan Budiman kini sudah beres.

Seperti diketahui, pelantikan Ikhsan Budiman seharusnya sudah dilakukan pada Selasa (30/11/2021) malam di Aula Kayuh Baimbai.

Namun prosesi pelantikan mendadak batal atau ditunda pelaksanaannya, karena ada hal terkait administrasi yang belum selesai khususnya dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel).

Batal melantik Ikhsan Budiman menjadi Sekdako Banjarmasin, Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina menunjuk Asisten II, Ir Doyo Pudjadi menjadi Pelaksana Harian (PLH) Sekdako Banjarmasin terhitung sejak Rabu (1/12/2021).

Baca juga: Preman Mabuk Sering Meneror SDN di Banjarmasin Ini, Masuk Kelas hingga Ruang Guru Lalu Teriak-teriak

Baca juga: Jelang Nataru, Satpolair Gencarkan Patroli di Perairan Wilayah Hukum Polresta Banjarmasin

Kabid Pengadaan Kepangkatan dan Mutasi ASN di BKD Diklat Banjarmasin, Fauzan menerangkan bahwa administrasi yang sempat mengganjal prosesi pelantikan Sekdako Banjarmasin, Ikhsan Budiman adalah berupa surat dari Pemprov Kalsel.

Dan seperti diketahui bahwa Kepala Daerah dalam hal ini Wali Kota wajib meminta izin kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk melakukan pelantikan sebelum enam bulan dilantik menjadi Wali Kota.

Izin melantik dari Mendagri pun sudah terbit sejak beberapa waktu lalu, kemudian turun berjenjang melalui Pemprov Kalsel.

Tertundanya pelantikan Ikhsan Budiman menjadi Sekdako Banjarmasin kemarin tidak lain dikarenakan belum turunnya surat dari Pemprov Kalsel.

"Walaupun sudah menerima tembusan surat dari Mendagri, tapi secara etika kita tidak boleh menabrak karena harus berjenjang. Dan perpanjangan tangan pemerintah pusat adalah Pemprov, dan kemarin belum bisa dilakukan pelantikan karena kita menunggu surat dari Pemprov. Informasinya kemarin sedikit tertunda karena Bapak Gubernur sedang berobat sehingga kemarin itu belum turun suratnya," ujar Fauzan, Kamis (3/12/2021) siang.

Meskipun sempat tertunda, Fauzan memastikan administrasi terkait rencana pelantikan Ikhsan Budiman menjadi Sekdako Banjarmasin beres.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved