Breaking News:

BTalk

VIDEO BTalk, Sikap Ummat Saat Hadapi Bencana, Begini Pandangan Wakil Ketua PCNU Banjarmasin

Wakil Ketua PCNU Banjarmasin, Suriani Amin, minta penduduk saat hadapi bencana harus kuatkan keimanan dan berdoa. Kemudian bersama benahi lingkungan.

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bencana melanda Kalimantan Selatan. Banjir parah dan tanah longsor mulai kembali terjadi di Bumi Antasari.

Sementara, pandemi Covid-19 masih berlangsung. Bagaimana warga muslim menyikapinya? Selain berdoa, apa yang harus dilakukan agar bencana tidak terulang?

Pada perbincangan di BTalk Banjarmasin Post Bicara Apa Saja, Kamis (2/12/2021), hadir Suriani Amin, SAg, SPdI, Wakil Ketua PCNU Kota Banjarmasin, menyampaikan bagaimana sikap kita menghadapi bencana.

Perbincangan bersama jurnalis Banjarmasin Post, Syaiful Akhyar, ini ditayangkan live dan bisa disimak ulang di kanal Youtube Banjarmasin News Video, Instagram Banjarmasin Post dan Facebook BPost Online. 

Dijelaskan Suryani, bencana adalah sunatullah atau sudah menjadi ketentuan Allah SWT. Jadi bencana itu adalah hal yang bisa terjadi di mana saja dan kapan saja.

Baca juga: Antisipasi Insiden Kecelakaan Kapal Pada Cuaca Ekstrim, KSOP Banjarmasin Imbau Operator Kapal Ini

Baca juga: Tenggelam di Kalsel - Perbaiki Titian, Warga Tambak Anyar Ulu Tercebur ke Sungai Martapura

"Hidup ini bukan suatu kebetulan, tapi segala sesuatunya sudah tertulis di luh mahfudz," jelasnya.

Sunatullah itu bisa dicermati dari kondisi alam di Barabai, Hulu Sungai Tengah, yang memang terdiri dataran tinggi dan dataran rendah.

Jadi, air dari dataran tinggi mengalir ke dataran rendah. Mungkin saja di dataran tinggi atau pegunungan air sedang melimpah sehingga ketika turun ke bawah mengakibatkan aliran sungai meluap dan menjadi banjir.

Ada hukum sebab akibat atau causa atas suatu kejadian. Mungkin daerah tinggi tak bisa menyerap air secara normal karena di sana penahan air berkurang.

Dan sesuai firman Allah SWT dalam Al-Qur'an bahwa telah terjadi kerusakan di muka bumi akibat ulah tangan manusia. Sehingga bisa saja banjir yang terjadi akibat kita memperlakukan alam sekitar.

Baca juga: Pasar Murah di Kelurahan Kuin Utara Banjarmasin Diserbu Ratusan Warga

Baca juga: Anggota DPRD Kalsel Minta Staf Pribadi Karena Kerjaan Makin Berat, 51 Orang Telah Direkrut

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved