Breaking News:

Hari Disabilitas Internasional 2021

Hanya 18 Daerah yang Sudah Miliki Perda tentang Penyandang Disabilitas

Ternyata baru 18 daerah di Indonesia yang punya Peraturan Daerah (Perda) tentang penyandang disabilitas.

ANTARA FOTO/Agus Bebeng
Penderita tuna rungu memainkan seni pantomime dalam acara peringatan 'Hari Tuna Rungu' internasional. Hanya 18 Daerah yang Sudah Miliki Perda tentang Penyandang Disabilitas 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Hari ini seperti diketahui, diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional ( HDI) 2021. Tiap tanggal 3 Desember, momen ini diperingati.

Peringatan ini untuk mempromosikan hak dan kesejahteraan penyandang disabilitas di semua golongan masyarakat.

Namun hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas, tampaknya masih menjadi pekerjaan rumah (PR) yang belum selesai.

Ternyata baru 18 daerah di Indonesia yang punya Peraturan Daerah (Perda) tentang penyandang disabilitas.

Melansir WHO, terdapat lebih dari 1 miliar orang mengalami disabilitas, dan angka ini diperkirakan terus meningkat. Sebagiannya karena populasi menua dan peningkatan prevalensi penyakit tidak menular.

Dari jumlah itu, PBB memperkirakan 80 persen penyandang disabilitas tinggal di negara berkembang.

Baca juga: Hari Disabilitas Internasional, PLN Kalselteng Resmikan Kedai Untuk Kita”

Baca juga: Kumpulan Twibbon Selamat Hari Disabilitas Internasional 3 Desember 2021

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (DPP PPP) Illiza Sa'adudin Djamal mendorong seluruh daerah di Indonesia memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang Penyandang Disabilitas.

Hal itu disampaikan Illiza dalam webinar series PPP Ramah Difabel dengan tema "Mengoptimalkan Kartu Penyandang Difabilitas", Kamis (2/12/2021).

"Saat ini baru ada 18 daerah yang memiliki Perda tentang penyandang disabilitas, ini masih sangat jauh dari harapan. Kita di legislatif sangat berkomitmen dalam pengawasan serta memperjuangkan atas lahirnya kebijakan yang afirmatif terhadap penyandang disabilitas, bahkan kita dorong hingga tingkat daerah," kata Illiza dilansir dari Tribunnews.com dengan judul Baru 18 Daerah di Indonesia yang Memiliki Perda tentang Penyandang Disabilitas.

Illiza juga menyinggung pentingnya pemutakhiran data para penyandang disabilitas agar pemerintah bisa dengan mudah dalam menyalurkan program bantuan, termasuk Kartu Penyandang Difabilitas.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved