Breaking News:

Berita Banjarmasin

Kemenkes akan Bagikan Bantuan USG Portabel Puskesmas, Bantu Turunkan Kasus Kematian Ibu dan Bayi

Kementerian Kesehatan RI berencana memberikan bantuan alat Ultrasonografi (USG) secara bertahap puskesmas-puskesmas.

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Syaiful Akhyar
banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
Kepala Dinkes Banjarmasin, Machli Riyadi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kementerian Kesehatan RI berencana memberikan bantuan alat Ultrasonografi (USG) secara bertahap ke puskesmas-puskesmas.

Setidaknya Kementerian Kesehatan RI menyiapkan total 4.627 unit alat USG portabel untuk didistribusikan ke seluruh puskesmas di Indonesia pada tahun 2021 dan 2022.

Kabar adanya bantuan alat USG portabel ini pun tentunya disambut positif oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin, yakni Machli Riyadi.

Menurut Machli, bantuan alat USG portabel ini akan sangat bermanfaat terutama untuk menekan kasus kematian ibu dan anak di Banjarmasin.

Berdasarkan data yang ada, pada tahun 2020 ada sebanyak 12 kasus kematian ibu dan 32 kasus kematian bayi. Kemudian untuk 2021 hingga November lalu sudah ada 11 kasus kematian ibu dan 24 kasus kematian bayi.

"Karena dengan adanya bantuan alat USG di puskesmas yang bisa digunakan secara portabel ini, kita dapat mendiagnosa kelainan kehamilan pada ibu sedini mungkin sehingga kasus kelahiran yang perlu dilakukan rujukan dan tidak bisa ditangani di level bidan sudah bisa diketahui," ujar Machli.

Disinggung mengenai SDM di puskesmas dalam mengoperasikan alat USG tersebut, Machli pun menerangkan sudah ada.

Bahkan Machli pun berencana untuk mengadakan pelatihan terhadap SDM di setiap puskesmas, apabila nantinya mendapat bantuan alat USG portabel ini.

"Untuk SDMnya sendiri sebenarnya kita sudah memilikinya. Sudah tersedia bidan yang ditugaskan di setiap puskesmas. Tapi kita akan minta bantuan POGI (Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia) Kalimantan Selatan, supaya SDM kita memang memiliki kompetensi dalam menjalankan tugasnya nanti," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved