Breaking News:

Berita Bisnis

Menuju PROPER Emas 2021, Video Pertamina IT Banjarmasin dan Pulau Curiak Ditonton 3.609 Kali

Pertamina IT Manager Banjarmasin mengajak masyarakat Kalsel untuk memberikan dukungannya dengan lebih banyak menonton

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Eka Dinayanti
Screenshoot youtube
Screenshoot youtube video singkat Pertamina IT Banjarmasin Dan Pulau Curiak nya yang bakal dinilai kepanasan meraih PROPER emas dari KLHK. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Video tentang upaya Pertamina Integrated Terminal (IT) Banjarmasin membantu melestarikan dan mengembangkan kawasan Pulau Curiak sebagai wilayah ekosistem lahan basah dan wadah pelestarian hewan bekantan di kanal Youtube milik Ditjen PPKL mendapatkan apresiasi yang cukup positif oleh masyarakat.

Hingga Jumat (3/12/2021) video tersebut sudah ditonton oleh 3.609 orang dengan banyak komentar positif yang diberikan oleh masyarakat.

Terkait hal itu, Pertamina IT Manager Banjarmasin F Moris Wungubelen mengajak masyarakat Kalsel untuk terus memberikan dukungannya dengan lebih banyak menonton, memberikan like hingga menshare link https://www.youtube.com/watch?v=e0RSvBeK8KY agar Pertamina IT Banjarmasin dan Pulau Curiak bisa meraih kemenangan di Penilaian PROPER Emas 2021.

Baca juga: Hari ini Kementerian LHK Menilai Kepantasan Pertamina IT Banjarmasin Raih Emas PROPER 2021

Baca juga: Bantu Korban Banjir, Pertamina Salurkan Gas Elpiji untuk Dapur Umum di HST

“Selain persentasi yang kami lakukan kemarin, nantinya penilaian peraih kandidat Emas PROPER 2021 juga dilihat dari banyaknya like and comment positif bagi program Inovasi Sosial CSR Pertamina C&T Regional Kalimantan IT Banjarmasin yang diupload di Youtube milik Ditjen PPKL. Karena itulah dalam kesempatan ini saya mengajak warga Kalsel untuk terus menonton, memberikan like hingga menshare link videonya agar kita bisa membawa harum nama Kalsel even Emas PROPER 2021,” tegasnya.

Pertamina IT Banjarmasin masuk dalam 84 perusahaan yang memenuhi nilai passing grade EMAS dan telah menunjukkan konsistensi meraih peringkat Hijau pada 3 periode penilaian PROPER sebelumnya serta menunjukan satu program inovasi sosial yang dimiliki oleh perusahaan.

Perusahaan yang memenuhi kriteria tersebut ditetapkan menjadi perusahaan kandidat Emas PROPER 2021 melalui Keputusan Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Nomor SK.69/PPKL/SET/WAS.8/11/2021 Tentang Penetapan Kandidat Emas Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Periode Tahun 2020-2021.

“Melalui event ini kita tentunya bisa terus mendorong agar Pulau Curiak lebih dikenal oleh masyarakat luas, tidak hanya di tingkat lokal dan nasional, namun juga dunia,” tambahnya.

Terkait destinasi Pulau Curiak yang berada di kawasan delta Sungai Barito, tepatnya di Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalsel, kini mulai dikenal luas oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Padahal sebelumnya Pulau Curiak hanyalah sebuah pulau kecil yang tidak terurus yang luasnya hanya 2,7 hektare. Namun sejak dijadikan Stasiun Riset Bekantan oleh Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia (SBI) pada Juni 2018, pulau ini sekarang mendunia namanya di mata wisatawan minat khusus, baik itu peneliti hingga mahasiswa.

Kini Pulau Curiak sudah memiliki fasilitas pendukung wisata yang memadai setelah didukung oleh Pemkab Batola, Pertamina dan Pokdarwis setempat.

Baca juga: BSI Bersama Yayasan BSMU Luncurkan Program BSI Scholarship

Baca juga: Jelang Dilantik Jadi Dirut Bank Kalsel, Hanawijaya Bicara Soal Inovasi Perbankan di Era Digital

Mulai dari titian yang semi permanen, rumah singgah bagi peneliti, gazebo untuk bersantai hingga perahu motor dan kapal kecil bagi wisatawan yang datang.

Bahkan sekarang turut dikembangkan kawasan wisata lain di sekitar Pulau Curiak, yaitu Taman Wisata Mangrove Rambai Centre untuk mengakomodir wisatawan umum.

Di Taman Wisata Mangrove Rambai Centre sudah mulai dibangun beberapa fasilitas untuk wisatawan umum, mulai dari guest house semi permanen, gazebo hingga titian jalan yang nantinya akan disambungkan dengan areal persawahan dan perumahan warga.

Untuk masyarakat sekitar juga kini diberikan berbagai pelatihan, mulai dari pembuatan produk khas Pulau Curiak yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang datang hingga pelatihan menjadi tour guide juga dilakukan agar masyarakat dapat meraih manfaat dari keberadaan Pulau Curiak.

(Banjarmasinpost /Nurholis Huda)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved