Breaking News:

Berita Balangan

Penanganan Dua Desa Terdampak Banjir dan Tanah Longsor Jadi Prioritas BPBD Balangan

Dua desa terisolir di Kecamatan Tebingtinggi Balangan tak lagi bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua karena akses jalan tertutup tanah longsor.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Syaiful Akhyar
Polsek Awayan
TNI Polri dan TRC BPBD Balangan bersihkan sisa longsor yang halangi akses jalan ke Desa Kambiyain, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Balangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Dua desa terisolir di Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Balangan tak lagi bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua karena akses jalan tertutup tanah longsor.

Terdata, akibat bencana alam banjir dan tanah longsor beberapa hari lalu, Desa Kambiyain dan Desa Dayak Pitap menjadi terdampak. Jalan utama keluar masuk desa terhambat tumpukan tanah yang hingga saat ini belum bisa dibersihkan.

BPBD Kabupaten Balangan berencana memprioritaskan penanganan tanah longsor pada dua desa ini. Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala BPBD Kabupaten Balangan, H Rahmi, Jumat (3/12/2021).

Sebutnya, dalam penanganan pasca bencana, pendataan terhadap kerusakan fisik dan dampak terhadap akses sudah dilakukan.

Baca juga: Kemenkes akan Bagikan Bantuan USG Portabel Puskesmas, Bantu Turunkan Kasus Kematian Ibu dan Bayi

Baca juga: Harga Emas Antam Terbaru 3 Desember 2021, Per Gram Turun Rp 3.000

Baca juga: Lakalantas Maut di Km 5 A Yani Banjarmasin, Kasatlantas Polresta Banjarmasin: Ban Truk Gundul

Beberapa di antaranya bisa ditangani oleh BPBD, dan ada pula yang harus dilakukan oleh Dinas PUPR Kabupaten Balangan.

"Sementara ini, dari data kerusakan yang terjadi, kami memprioritaskan dua desa yang terdampak tanah longsor di Kecamatan Tebingtinggi," ucap H Rahmi.

Penanganan akses jalan yang terganggu beber Rahmi menjadi hal utama yang harus dilakukan. Adapun anggaran yang disediakan untuk penanganan tersebut bersumber dari dana BTT yang difungsikan untuk dana kedaruratan terhadap dampak bencana.

Sebelumnya, anggota TNI dan Polri di wilayah Kecamatan Awayan serta BPBD Kabupaten Balangan dan masyarakat setempat sudah melakukan pembersihan jalan. Namun tidak semua tanah yang menutup jalan bisa ditangani. Terlebih dibutuhkan alat berat untuk membersihkan tanah longsor tersebut.

(banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved