Breaking News:

Berita Tapin

Songsong Ibu Kota Baru, Tapin Diharapkan Siap sebagai Penyangga Pangan Nasional

Sebagai Kabupaten yang dikenal sebagai lumbung padi nasional Tapin diyakini siap dan mampu menyediakan pangan untuk ibu kota baru

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/Stanislaus Sene
Ketua DPRD Kabupaten Tapin, H Yamani. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Penyediaan pangan di Kabupaten Tapin menyongsong perpindahan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur mendapat dukungan dari anggota DPR RI, Bambang Heri Purnama dan Ketua DPRD Tapin, Yamani.

Hal ini disampaikan kedua anggota dewan tersebut menyusul mencuatnya rencana Pemerintah Pusat memindahkan Ibu Kota Negara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Anggota DPR RI, Bambang Heri Purnama mengatakan rencana pemindahan Ibu Kota Negara, Kabupaten Tapin siap tidak siap harus siap mendukung penyediaan pangan.

"Sebagai Kabupaten yang dikenal sebagai lumbung padi nasional ini, kita percaya dan terus mendukung agar mampu menyediakan pangan untuk ibu kota baru nanti," tegasnya, Jumat (3/12/2021).

Baca juga: PTM Dimulai, Disdik Tapin Usung Konsep Shift Belajar Dua Gelombang

Baca juga: Diresmikan Wagup dan Bupati, Enam Pertashop Bumdes Resmi Hadir dan Beroperasi di Tapin

Bambang Heri mengatakan dukungan perpindahan Ibu Kota terutama datang dari sektor ekonomi yakni suplai pertanian baik itu padi, jagung maupun jenis pertanian lainnya.

"Di Kabupaten Tapin saat ini sudah didukung adanya bendungan dan sedang dibangun irigasi untuk pengairan, jadi kita berharap produksi pertanian khususnya di Tapin bisa meningkat," lanjutnya.

Ia mengatakan terkait hal ini, sebagai perwakilan legislatif di Senayan, pihaknya terus membangun komunikasi antara pusat dan daerah.

Sementara itu, Ketua DPRD Tapin, H. Yamani mengatakan bahwa peningkatan sektor pertanian di Tapin menyusul rencana perpindahan ibu kota harus benar-benar jadi pusat perhatian.

"Tapin akan jadi penyangga pangan nasional karena keberadaan Bendungan Tapin merupakan proyek strategis yang dibangun oleh Pemerintah Pusat," jelasnya.

Yamani mengatakan sektor pertanian akan naik signifikan dan ini akan jadi harapan bagi banyak orang oleh karena itu terkait hal ini akan terus dikawal.

Baca juga: 3 Desember Hari Disabilitas Nasional, Lelaki ini Berharap Hak Disabilitas di Kalsel Terpenuhi

Baca juga: Cerita Difabel di Banjarmasin, Waktu Kecil Sering Dibully, Kini Mahdian Ukir Prestasi sebagai Atlet

"Pemanfaatan bendungan Tapin ini akan kita kawal, supaya Tapin benar-benar bisa siap jadi penyangga pangan ibu kota baru," jelasnya.

Politisi partai Golkar ini mengatakan selain itu infrastruktur juga akan jadi perhatian khusus.

Karena bagaimana pun jalan merupakan media atau sarana pendukung peningkatan produksi pertanian.

"Komunikasi dengan DPRD Provinsi juga akan kita tingkatkan karena sejauh ini di Kalsel masih ada beberapa ruas jalan yang belum mendukung," tegasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus sene)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved