Breaking News:

Wabah Corona

Varian Baru Omicron Sudah Masuk Malaysia, Indonesia Perketat Masuknya WNA

Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin pada Jumat ini mengatakan negaranya telah mendeteksi kasus pertama varian baru Omicron.

Editor: M.Risman Noor
DISKOMINFO KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
Sekretaris Daerah yang juga Ketua Kopri Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Drs H Muhammad Noor, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi, Kamis (2/12/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Varian baru Covid-19 bernama Omicron kini sudah didapati di Malaysia.

Sebelumnya varian baru Covid-19 bernama Omicron sudah terdeteksi masuk Singapura.

Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin pada Jumat ini mengatakan negaranya telah mendeteksi kasus pertama varian baru virus corona (Covid-19) Omicron.

"Varian ini terdeteksi pada seorang mahasiswa asing dari Afrika Selatan yang tiba di Malaysia melalui Singapura pada 19 November," kata Khairy.

Dikutip dari laman The Straits Times, Jumat (3/12/2021), siswa tersebut saat ini dikarantina bersama dengan 5 orang lainnya yang berada dalam bus yang sama dari Kuala Lumpur ke Ipoh, Perak.

Khairy menyampaikan bahwa siswa itu memasuki Malaysia sebelum Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Omicron sebagai varian yang menjadi perhatian (VoC).

Malaysia pada Rabu lalu, untuk sementara melarang masuknya pelancong dari negara-negara yang telah melaporkan temuan kasus varian Omicron atau dianggap berisiko tinggi.

Baca juga: BREAKING NEWS: Covid-19 Indonesia Hari Ini Tambah 245, Total Tembus 4.257.243 Kasus

Baca juga: Varian Omicron Masuk Arab Saudi, Bagaimana Nasib Jemaah Umrah Indonesia?

Larangan perjalanan ini berlaku untuk 8 negara Afrika, termasuk Afrika Selatan, Zimbabwe, Mozambik dan Malawi, dan dapat diperluas ke negara-negara lain di mana varian itu telah terdeteksi, seperti Inggris dan Belanda.

Malaysia juga akan menunda rencana untuk membuat jalur perjalanan yang divaksinasi (VTL) dengan negara-negara yang terkena dampak.

Tidak hanya itu, negara itu pun akan menerapkan kembali persyaratan karantina untuk warga negara Malaysia dan penduduk jangka panjang yang kembali dari negara-negara tersebut, terlepas dari status vaksinasi mereka.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved