Breaking News:

Berita Banjarmasin

Kekerasan Pada Perempuan dan Anak di Banjarmasin Meningkat, Banyak yang Belum Berani Melapor

Hingga awal Desember ini ada 83 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Banjarmasin yang dilaporkan ke Dinas P3A.

Penulis: Milna Sari | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/milna sari
sosialisasi perda terkait perlindungan perempuan dan anak 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Memprihatinkan, kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kalimantan Selatan terus meningkat, termasuk di Kota Banjarmasin.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kota Banjarmasin, Iwan Fitriady Sabtu (4/12/2021).

Hingga awal Desember ini saja ujarnya sudah ada 83 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Banjarmasin yang dilaporkan ke pihaknya.

Jika dibandingkan dengan tahun 2020 lalu, jumlah kekerasan ada 77 kasus selama setahun.

Baca juga: Pria Viral Mabuk di Sekolah Dasar Diperiksa Polsekta Banjarmasin Utara

Baca juga: Penemuan Mayat di Banjarmasin - Pedagang Jamu Ditemukan Tewas, Jasad Keluarkan Buih di Mulut

"Dengan data ini kita sangat prihatin melihat banyaknya aduan dari masyarakat terkait kekerasan terhadap perempuan dan anak, namun di sisi lain positifnya adalah masyarakat semakin peduli untuk melaporkan jika terjadi kekerasan terhadap perempuan di keluarga maupun lingkungannya," jelas Fitriady.

Dari semua kasus tersebut ungkapnya kekerasan yang paling banyak terjadi adalah terhadap anak.

Pasalnya kekerasan terhadap anak tidak hanya berupa kekerasan fisik namun juga penelantaran, eksploitasi, dan diskriminasi.

Berdasarkan temuan saat berkoordinasi bersama ketua RT di Banjarmasin, ujar Fitriady, ditemukan ada dua anggapan yang harus dihilangkan di masyarakat.

Pertama ujarnya adalah jika terjadi kekerasan terhadap perempuan dan anak di lingkungan keluarga besar, maka itu adalah aib yang tidak boleh dilaporkan ke pihak berwenang.

Kedua, jika terjadi kekerasan terhadap perempuan dan anak satu lingkungan maka itu adalah urusan rumah tangga orang tersebut.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved