Breaking News:

PT PLN Persero UIKL Kalimantan

PLN Siapkan Dua Ribu Lebih Personel Amankan Listrik Seluruh Kalimantan Jelang Natal dan Tahun Baru

Saat Hari Raya Natal pemakaian listrik pelanggan di Kalimantan diperkirakan mencapai 1219 Mega-watt.

Editor: Eka Dinayanti
PT PLN (Persero) UIKL Kalimantan
apel siaga kesiapan natal dan tahun baru (nataru) personel PLN seluruh Kalimantan yang dilaksanakan di Balikpapan 

BANJARMASINPOST.CO.ID - PLN siapkan dua ribu lebih personel untuk mengamankan pasokan listrik jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022.

Ribuan personel tersebut tersebar untuk menjaga keandalan listrik di pembangkit, jaringan transmisi hingga distribusi ke pelanggan.

Berdasarkan ramalan yang dibuat oleh PLN, pada saat Hari Raya Natal pemakaian listrik pelanggan di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur diperkirakan mencapai 1219 Mega-watt.

PLN telah mempersiapkan pasokan dari pembangkit-pembangkit listrik yang tersebar di Sistem Kelistrikan Barito (Kalimantan Selatan) dan Sistem Kelistrikan Mahakam (Kalimantan Timur) dengan total daya mampu sebesar 1689 Mega-watt sehingga diperkirakan cadangan daya lebih dari 400 mega-watt.

apel siaga kesiapan natal dan tahun baru (nataru) personel PLN seluruh Kalimantan yang dilaksanakan di Balikpapan
apel siaga kesiapan natal dan tahun baru (nataru) personel PLN seluruh Kalimantan
yang dilaksanakan di Balikpapan (PT PLN (Persero) UIKL Kalimantan)

Hal ini diungkapkan General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran Kalimantan, Daniel Eliawardhana, dalam apel siaga kesiapan natal dan tahun baru (nataru) personel PLN seluruh Kalimantan yang dilaksanakan di Balikpapan pada Jumat (03/12).

“Seluruh pembangkit dan sistem transmisi di Kalimantan saat ini dalam kondisi aman, kami telah melakukan beberapa pemeliharaan peralatan dan pembangkit guna memastikan listrik tetap andal selama natal dan tahun baru,” ungkap Daniel.

Daniel juga menjelaskan pihaknya telah melakukan beberapa persiapan seperti mengamankan stock bahan bakar pembangkit, pemeliharaan mesin, pembersihan jalur transmisi dari benda-benda yang dapat menyebabkan gangguan seperti pohon, serta memastikan sistem proteksi setiap peralatan bekerja dengan baik.

Sebagai contingency plan apabila terjadi gangguan yang diakibatkan oleh faktor alam dan cuaca ekstrim, pihaknya menyiapkan beberapa peralatan seperti tower erection restoration system (ERS) sebagai cadangan apabila terjadi tower transmisi rubuh. 28 genset dan 151 kendaraan operasional untuk juga disiagakan untuk mempercepat pemulihan apabila terjadi gangguan.

“Kami (PLN) juga memiliki tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan Tegangan Tinggi (PDKB-TT) yang siaga bekerja pada jalur transmisi tanpa harus memadamkan listrik pelanggan. Pokoknya kenyamanan dan keandalan listrik selama Hari Raya Natal dan Tahun Baru selalu menjadi prioritas kami,” imbuh Daniel. (aol)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved