TECHNO

Tokopedia Luncurkan Fitur Voice Over untuk Difabel Tunanetra

Peluncuran fitur voice over Tokopedia ini tentunya menjadi hadiah bagi para difabel agar tetap dapat meningkatkan kualitas hidupnya

net
Tokopedia. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Inovasi dilakukan Tokopedia. Salah satu website belanja online ternama di Indonesia itu resmi meluncurkan fitur Voice Over.

Fitur canggih ini bertujuan untuk membantu para difabel, khususnya tunanetra, dalam menggunakan aplikasi Tokopedia. Penggunanya bisa memenuhi kebutuhan dan menciptakan peluang melalui Tokopedia.

Peluncuran fitur voice over Tokopedia ini tentunya menjadi hadiah bagi para difabel agar tetap dapat meningkatkan kualitas hidupnya di tengah perkembangan teknologi digital saat ini, khususnya dalam menikmati layanan belanja online.

Baca juga: Promo Daily Check In MyTelkomsel, Bisa Dapat Cashback ZALORA dan Tokopedia

Baca juga: Paket Internet Murah Tri, Promo Tokopedia x KlikFilm Plus Potongan Harga Rp 10.000

Engineering Manager Tokopedia Ferico Samuel yang sekaligus pengembang fitur tersebut mengatakan, lewat fitur ini Tokopedia diharapkan bisa menjadi platform yang semakin inklusif dan mempermudah lebih banyak masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk rekan-rekan difabel.

“Kehadiran fitur itu tidak lepas dari kontribusi difabel yang sekaligus menjadi pengguna Tokopedia,” ungkap Ferico Samuel, dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/12/2021), seperti dilansir dari Tribunnews.com dengan judul Fitur Voice Over Permudah Difabel Tunanetra Gunakan Aplikasi Tokopedia.

Ferico menjelaskan, fitur Voice Over terus dikembangkan sesuai masukan rekan-rekan difabel yang menggunakan Tokopedia agar selalu relevan dengan kebutuhan mereka.

Salah satu tunanetra pengguna Tokopedia Maria Hardono mengatakan, fitur Voice Over Tokopedia membantu dirinya dalam proses belanja daring.

Tokopedia
Tokopedia (kontan)

“Saya bisa mendengarkan review produk dari pembeli lain, berbelanja dengan e-wallet dan mengikuti berbagai promo serta live shopping,” ujarnya.

Tunanetra lain yang merupakan pengguna sekaligus pelaku usaha di Tokopedia, yaitu M. Reza Akbar mengatakan, bahwa fitur Voice Over Tokopedia sangat memudahkan Reza dalam menjalankan bisnisnya melalui aplikasi Tokopedia.

Baca juga: Cerita Difabel di Banjarmasin, Waktu Kecil Sering Dibully, Kini Mahdian Ukir Prestasi sebagai Atlet

Baca juga: Hari Disabilitas Internasional, PLN Kalselteng Resmikan Kedai Untuk Kita”

“Sejak saya menggunakan fitur Voice Over di Tokopedia, saya merasa menjadi lebih mandiri khususnya dalam memenuhi kebutuhan harian serta menjalankan bisnis secara lebih mudah dan juga nyaman,” ucapnya.

Fitur Voice Over saat ini baru bisa diakses di ponsel iOS dan ke depan akan dikembangkan untuk ponsel berbasis Android.

Melalui Tokopedia Bersama, platform digital ini berfokus pada pemberdayaan kelompok difabel agar menjadi lebih mandiri secara sosial maupun ekonomi.

Misalnya, lewat pembukaan kanal donasi, pelatihan keterampilan, akses terhadap pengembangan usaha dan masih banyak lagi.

Di sisi lain, Tokopedia juga merekrut talenta dari kalangan difabel sebagai karyawan.

Deva Prasetya Wibowo dan Shaleh Mahfud adalah contoh Nakama difabel di Tokopedia Care Yogyakarta yang bergabung sejak 2019 dan konsisten berkontribusi mempermudah masyarakat Indonesia lewat layanan pengguna 24/7. (*)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved