Breaking News:

Bumi Sanggam

Bupati Abdul Hadi Terima DIPA TA 2022, DBH Balangan Pada DIPA Capai Rp 453 M

Kenaikan DBH Balangan hingga hampir 200 persen didapat setelah pihaknya meminta audit BPK terhadap Kementerian ESDM

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Eka Dinayanti
humas pemkab balangan
Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor menyerahkan DIPA TA 2022 kepada Bupati Balangan, Abdul Hadi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bupati Balangan, Abdul Hadi, menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran 2022 yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Sabtu (4/12/2021) kemarin.

Selain Bupati Balangan, pejabat berwenang, bupati atau Wali Kota pada 13 kabupaten/kota lainnya juga menerima DIPA dan TKDD Tahun Anggaran 2022.

Dimana secara keseluruhan, alokasi anggaran mencapai Rp 25,07 triliun.

Anggaran yang bersumber dari APBN Tahun 2022 tersebut terdiri atas Belanja Kementerian/Lembaga sebesar Rp 8,18 triliun dan Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa sebesar Rp 16,8 triliun.

Usai menerima DIPA dan TKDD, Abdul Hadi menerangkan, DBH Balangan pada DIPA 2022 mencapai Rp 453 miliar.

Angka tersebut dianggap jauh lebih naik dibanding sebelumnya.

Pasalnya, pada tahun 2019 ke 2020, DBH Kabupaten Balangan sebesar Rp 250 M.

Kemudian sempat terjadi penurunan di tahun 2020 ke 2021.

"Pasca dilantik beberapa waktu lalu, kami berusaha meningkatkan DBH. Kami mendatangi ESDM dan Kemenkeu, karena konsesi tambang PT Adaro itu 87 persen ada di Balangan," jelas Abdul Hadi.

Kenaikan DBH Balangan hingga hampir 200 persen didapat setelah pihaknya meminta audit BPK terhadap Kementerian ESDM agar data produksi disesuaikan dengan DBH Balangan.

Abdul Hadi juga bersyukur atas pencapaian yang didapat. Terlebih dari upaya yang dilakukan, alhasil DBH Balangan kembali meningkat.

Sementara itu, dalam acara penyerahan DIPA dan TKDD, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengingatkan dalam penggunaan APBN melalui DIPA dan TKDD 2022 tersebut agar sejalan dengan program pemulihan ekonomi yang dijalankan pemerintah pusat sesuai arahan Presiden RI Jokowi.

Ia berharap seluruh dana dapat segera berjalan dan tepat sasaran, serta dapat terserap secara maksimal sesuai tugas pokok dan fungsi masing masing.

Sehingga tujuan dari pelaksanaan APBN dan APBD dapat dimanfaatkan sebesar besarnya untuk kepentingan rakyat dapat tercapai.

Diakhir sambutan, Sahbirin Noor berpesan kepada Bupati atau Wali Kota dan pimpinan satuan kerja SKPD agar segera melakukan langkah-langkah optimalisasi penyerapan anggaran sesuai dengan rencana kegiatan dan rencana yang telah disusun. (aol)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved