Breaking News:

Berita Kaltim

Diterjang Gelombang Pasang Air Laut, 1 Rumah di Pesisir Balikpapan Kaltim Roboh

Gelombang pasang air laut yang terjadi di Balikpapan Kaltim merobohkan satu unit rumah dan merusak sejumlah rumah di pesisir

Editor: Hari Widodo
TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Lurah Klandasan Ulu, Siswanto (kanan) bersama seorang warga pemilik rumah yang ambruk Hendrik mengamati rumahnya yang telah ambruk akibat terpaan gelombang dan angin kencang, Selasa (7/12/2021).  

BANJARMASINPOST.CO.ID, BALIKPAPAN - Tak hanya di pesisir Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), gelombang pasang air laut juga terjadi di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim)

Akibat terpaan gelombang pasang air laut, sebuah rumah panggung 2 tingkat di Balikpapan roboh, Senin (6/12/2021), malam tadi.

Persisnya di kawasan RT 4, Kelurahan Klandasan Ulu, Balikpapan Kota. Adapun pemiliknya bernama Hendrik (46).

Ia mengatakan, rumahnya tersebut memang sudah ditinggal lama. Dikosongkan, namun dirinya hendak kembali menempati rumah tersebut.

Baca juga: Banjir Rob di Tanahlaut - Dapur Rumahnya Diterjang Ombak Besar,  Warga Asamasam Muara Lari ke Luar 

Baca juga: Puluhan Rumah Nelayan di Muara Asamasam Rusak Parah Diterjang Gelombang Besar Banjir Rob

"Jadi beberapa hari ini kami sudah mau pindah sini, sudah siap-siap, sudah dibersihkan juga. Tiba-tiba ada musibah begini," ujar Hendrik, Selasa (7/12/2021), ditemui di TKP.

Ia mengungkapkan, kejadian diperkirakan seusai salat Isya. Di saat itu, kata Hendrik, gelombang laut tengah pasang-pasangnya.

"Kejadiannya itu pas gelombang besar terus angin kencang. Emang kencang betul anginnya," imbuhnya.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Lurah Klandasan Ulu, Siswanto mengatakan, kejadian ini sudah merembet ke rumah sebelahnya.

Baca juga: VIDEO Debit Air Pasang Meningkat, Warga Batola Waspada Potensi Banjir Rob Lebih Parah

Rumah di sekitar rumah milik Hendrik, tampak miring dan tak setegak biasanya.

"Jadi agak miring. Tapi kita imbau untuk tidak mendekat dulu, dikhawatirkan cuaca ekstrim susulan kan," ujar Siswanto. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunKaltim.co dengan judul Dihantam Gelombang dan Angin Kencang, Rumah Panggung di Klandasan Balikpapan Ambruk

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved