Breaking News:

Sport

Kepala Dispora Kabupaten Banjar Ingin Bakal Calon Ketua KONI Diakomodasi Panitia Musorkab

Dua orang, salah satunya anggota DPRD, jadi calon Ketua KONI Kabupaten Banjar. Kepala Dispora ingkatkan bahwa jabatan lain tak pengaruhi pencalonan.

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Alpri Widianjono
MC PEMKAB BANJAR
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjar, Ikhwansyah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Bakal calon Ketua KONI Kabupaten Banjar periode 2021-2025 memunculkan dua nama, yaitu Usman Effendi dan Gusti Abdurrahman.

Usman Effendi adalah Wakil Ketua I KONI Banjar periode 2017-2021 dan Gusti Abdurrahman adalah Ketua Askab PSSI Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sementara itu, tim penjaringan masih mempelajari untuk Gusti Abdurrahman yang merupakan anggota DPRD Kabupaten Banjar.

Sebab mengacu pada UU RI Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, sangat jelas pasal 40 UU RI Nomor 3 Tahun 2005, Ketua KONI tidak terikat jabatan struktural dan jabatan publik.

Baca juga: Bakal Calon Ketua KONI Banjar Minim Pendaftar, Besok Gelar Musyawarah Olahraga Kabupaten

Sekretaris KONI Banjar, Kun Nasrullah, mengaku sudah berkonsultasi dengan pengurus KONI Kalsel.

Menurut Kun Nasrullah, dua nama bakal calon Ketua KONI Kabupaten Banjar akan diumumkan saat Musorkab di Kecamatan Gambut, Rabu (8/12/2021). 

Ketua KONI Banjar periode 2021-2025  akan dipilih peserta Musorkab yang terdiri pengurus cabang olahraga yang aktif surat mandatnya, satu suara pengurus KONI Kabupaten dan satu suara Pengurus KONI Provinsi. 

"Total ada 36 suara. Nama bakal calon Ketua KONI akan diumumkan pada saat Musorkab," kata Kun Nasrullah. 

Baca juga: Musyawarah KONI Kalsel Pada 18 Desember 2021, Agenda Utama Penentuan Ketua

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjar, Ikhwansyah, mengatakan, jabatan Gusti Abdurrahman selaku anggota DPRD Kabupaten Banjar tidak berpengaruh sebagai bakal calon.

Menurutnya, tampilkan saja dua bakal calon dalam Musorkab agar dipilih secata demokrasi dan didengar visi dan misi masing-masing dalam membangun insan olahraga di Kabupaten Banjar.

"Jabatan Ketua KONI Provinsi Kalimantan Selatan yang saat ini adalah anggota DPR RI. Kita harus adil dalam menerapkan aturan," katanya.

(Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved