Breaking News:

Banjir Kalsel 2021

VIDEO Debit Air Pasang Meningkat, Warga Batola Waspada Potensi Banjir Rob Lebih Parah

Sejumlah warga dan relawan terus berjaga-jaga, memantau kondisi air pasang yang terjadi pada malam hari di Kabupaten Baritokuala.

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Sejumlah warga dan relawan terus berjaga-jaga, memantau kondisi air pasang yang terjadi pada malam hari di Kabupaten Baritokuala.

Seperti yang berlangsung di Kecamatan Bakumpai, malam tadi, Selasa (7/12/2021) dinihari. Warga berjaga-jaga dan menyisir pemukiman penduduk yang berada di sisi bantaran Sungai Barito.

"Di desa kami, ini merupakan malam kedua warga berjaga hingga mastikan debit air turun," ucap Hairani. Kades Banua Anyar.

Sementara itu, para relawan gabungan juga menyisir beberapa desa lainnya di Kecamatan yang sama, di antaranya Desa Bahalayung dan Lepasan.

Baca juga: VIDEO Banjir Rob di Banjarmasin, Kubah Makam Guru Zuhdi Masih Aman dari Genangan Banjir

Baca juga: 13 Wisatawan Asal Lontar Kehabisan Stok Makanan, Berhari-hari di Pulau Birah-birahan Tak Bisa Pulang

Disampaikan Amat, Anggota Borneo Rescue, kenaikan air malam ini terlihat tidak begitu deras, namun pasang terjadi lebih awal.

"Meskipun begitu, kami tetap patroli, guna antisipasi hal terburuk. Karena tidak menutup kemungkinan debit air masih meningkat," ungkapnya.

Di samping itu Bojes, relawan di Marabahan juga menyampaikan bahwa pada malam sebelumnya ia bersama relawan sempat mengevakuasi warga yang sakit ke tempat yang lebih aman.

Evakuasi warga tersebut berlangsung di Desa Badandan, sekitar pukul 02:30 wita, dimana saat itu air pasang sedang tinggi-tingginya.

"Rumah warga yang kami evakuasi tersebut sudah tergenang sampai mata kaki, sedangkan penghuninya sakit dan tidak memungkinkan berdiri untuk berpindah tempat," cerita Bojes kepada Bpost

Ia pun menambahkan, evakuasi dilakukan dengan membawa warga tersebut ke rumah kerabatnya, di Kecamatan Marabahan.

(banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved