Berita Tanahlaut

VIDEO Rumah Warga di Muara Asamasam Rusak Parah Akibat Dihantam Ombak

Sebanyak 31 rumah rusak akibat terjangan ombak besar di Desa Muara Asamasam, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tala, Provinsi Kalsel, Selasa (7/12/2021).

Penulis: Idda Royani | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sejumlah rumah warga yang berada di pesisir laut  banyak rusak parah akibat diterjang Ombak Besar.

Hal ini setidaknya terjadi di kampung nelayan di Desa Muara Asamasam Kecamatan Jorong dan di Desa Muarakintap Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pantauan di lokasi bencana,  Selasa (7/12/2021) siang, hampir semua rumah nelayan di Muara Asamasam yang berada di pesisir pantai setempat rusak.

Bagian dapur hancur akibat dihantam Ombak Besar yang terjadi sejak Minggu malam dan berlanjut Senin malam tadi.

Level kerusakan bervariasi, ada yang rusak berat, sedang, dan ringan. Kerusakan berat antara lain ambruknya seluruh bangunan bagian dapur.

Baca juga: Banjir Rob di Tanahlaut - Dapur Rumahnya Diterjang Ombak Besar,  Warga Asamasam Muara Lari ke Luar 

Baca juga: Puluhan Rumah Nelayan di Muara Asamasam Rusak Parah Diterjang Gelombang Besar Banjir Rob

Sedangkan kerusakan sedang berupa pecahnynya beberapa bagian dinding dapur serta lantai hingga memunculkan lobang-lobang.

Bahkan ada rumah yang roboh, yakni kediaman Zainudin-Rumiani di lingkungan RT 2. Bagian belakang hingga tengah telah roboh meski tak rata tanah, sedangkan bagian depan masih berdiri namun kondisinya telah miring.

"Tinggal robohnya saja rumah saya ini. Kalau kena ombak lagi, pasti roboh total," ucap Rumiati saat ditemui di lokasi.

Data sementara pada Pemerintah Desa Muara Asamasam, sebanyak 31 rumah yang terdampak Gelombang Besar di lingkungan RT 2 dan 3. Sedangkan permukiman di RT 6 dan 7 masih dalam pendataan.

"Sebagian besar mengalami kerusakan berat dan sedang. Umumnya bagian dapur yang rusak hingga hancur kena gelombang besar malam tadi," ucap Kepala Desa Muara Asamasam H Zainudin.

Baca juga: Badan Jalan Ambrol Tergerus Abrasi, Jalur Alternatif Menuju Wisata Pulau Datu Tala Terancam Putus

Baca juga: Banjir Rob di Kalsel - Puluhan Warga di Takisung Kabupaten Tala Mengungsi

Ia mengatakan gelombang besar terjadi pada Senin malam sekitar waktu isya. Puncak terjangan gelombang terjadi sekitar pukul 21.00-22.00 Wita.

"Air laut bahkan sampai menggenangi ke jalan poros di desa kami, kedalamannya di atas aspal sekitar sepuluh sentimeter. Kalau genangan di dalam rumah warga ada yang hingga sepinggang yang rumahnya persis di pesisir pantai," sebut Zainuddin.

(Banjarmasinpost.co.id/Roy)

  • Berita Terkait :#Berita Tanahlaut
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved