Breaking News:

Berita Banjarmasin

Anggota DPD RI Farid Hasan Aman Janii Perjuangkan Hasil Tambang Bagi Kalsel

Anggota DPD RI Gusti Farid Hasan Aman perjuangkan agar Kalsel dapat hak kelola tambang atau bagi hasil tambang yang proporsional dari pemerintah pusat

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MAN HIDAYAT
Dua warga berdiri dengan latar belakang lubang tambang batu bara di Desa Banjarsari RT 2, Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (3/12/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kalimantan Selatan sebagai provinsi kaya akan bahan tambang, menurut anggota DPD RI, Gusti Farid Hasan Aman, masih belum mendapatkan alokasi dana yang proporsional dari pemerintah pusat.

Padahal sebagai daerah penghasil tambang, jelasnya Rabu (8/12/2021) ada tugas lebih yang harus dilakukan daerah akibat tambang.

Contohnya kerusakan pasca Tambang Batu Bara dan dampak tambang lainnya yang dirasakan oleh masyarakat di daerah.

"Karenanya hingga kini kami terus berjuang ke Kementerian ESDM. Setelah tambang ditarik ke pusat tidak ada yang bisa kita lakukan kecuali terus berkoordinasi dengan Kementerian ESDM," ujarnya.

Baca juga: VIDEO Warga Terdampak Tambang di Banjarsari Kabupaten Tanbu, Rumah Retak dan WC Longsor

Setidaknya, ujar Gusti Farid, alokasi yang diberikan pemerintah pusat ke daerah penghasil tambang bisa lebih proporsional sesuai ketentuan.

"Kalau tidak bisa dikembalikan ke daerah setidaknya alokasi bagi daerah penghasil tambang bisa dibedakan dengan daerah bukan penghasil tambang," katanya.

Keluhan akan tambang yang kini berada di pusat ujarnya tak hanya dari Kalsel, namun juga dari daerah lain. Karenanya, tambahnya pihaknya akan terus berjuang bagi daerah tambang.

"Jangan sampai kita yang terdampak, tapi alokasi ke daerah malah sama bahkan ada yang lebih sedikit dari daerah lain," tambahnya.

Baca juga: Datangi DPRD Tapin, Puluhan Sopir Truk Tambang Batubara Tuntut Jalan Hauling Km 101 Dibuka

Baca juga: Tambang Ilegal di Kalsel - Polres Tanbu Tetapkan Tersangka Peti di Mangkalapi

Adanya keinginan warga Kalsel untuk menggugat kewenangan Tambang Batu Bara dan lainnya dikembalikan ke daerah melalui Mahkamah Konstitusi, didukung Gusti Farid.

Menurutnya, Indonesia adalah negara hukum sehingga tak salah jika ada yang ingin mengajukan ke MK. "Kami setuju saja, boleh dan bagus malah. Uji saja melalui MK, silakan saja," katanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved