Breaking News:

Berita Kalteng

Lepasliarkan 25 Orang Utan Sepanjang 2021, Hari Ini BOSF Lepas 8 Ekor

BOSF hari ini melepasliarkan 8 ekor urang utan. Sebelumnya di sepanjang 2021, BOSF telah melepasliarkan 25 ekor hewan bernama latin Pongo Pygmaeus

Editor: Hari Widodo
BOSF Nyaru Menteng untuk Tribunkalteng.com
Bayi Orang Utan yang ada di tempat konservasi Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) Nyaru Menteng, Senin (13/12/2021).  

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA – Disepanjang 2021 ini, sebanyak 25 Orang Utan di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) telah dilepasliarkan.

Dipenghujung tahun ini, Borneo Orang Utan Survival Foundation (BOSF) akan melepaskan sebanyak 8 hewan bernama latin Pongo Pygmaeus itu, Senin (13/12/2021).

Lokasi tepatnya di Komplek Arboretum Nyaru Menteng, Jalan Tjilik Riwut Km 28, Tumbang Tahai, Bukit Baru, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

BOSF bekerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah da Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR).

Baca juga: Jaga Habitat Orang Utan di Wilayah Desa Talan, KPH Tabalong Pasang Papan Peringatan

Baca juga: Identifikasi Keberadaan Orang Utan di Hutan Wilayah HSU, Petugas Temukan Puluhan Sarang

Melakukan pelepasan Orang Utan merupakan Program Reintroduksi Orangutan di Nyaru Menteng.

Kembali orang utan akan dilepas ke Hutan TNBBBR wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Hiran, Kabupaten Katingan, Selasa (14/12/2021) sekitar pukul 14.00 WIB.

“Pelepasliaran ini sekaligus menutup rangkaian pelepasliaran BOS Foundation tahun ini. Kami bersama BKSDA Kalteng dan TNBBBR, telah berhasil melepasliarkan 25 Orang utan di wilayah konservasi yang ada di Kalteng,” jelas Humas Yayasan Penyelamatan Orang Utan Kalimantan, Hermansyah kepada Tribunkalteng.com.

Baca juga: Jaga Habitat Orang Utan di Wilayah Desa Talan, KPH Tabalong Pasang Papan Peringatan

Ungkap Hermansyah, dilakukannya pelepasliaran orang utan yang tersebar di Kalteng untuk tetap menjaga populasi mereka ke habitat aslinya.

“Melepasliarkan 25 orang utan hasil rehabilitasi ke habitat aslinya, di hutan Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah saat pandemi berlangsung,” jelas Hermansyah. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunkalteng.com dengan judul Sebanyak 25 Orang Utan Dilepasliarkan di Wilayah Konservasi di Kalteng Sepanjang 2021

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved