PT PLN Persero UPDK Barito

Pelaksanaan Pemeliharaan Periodik Mayor Inspection Turbin Unit 1 PLTA Ir PM Noor

Pelaksanaan MI turbin unit 1 do PLTA Ir PM Noor dilaksanakan pada 23 Oktober 2021 sampai 26 November 2021 oleh tim pemeliharaan ULPLTA/D Gunung Bamega

PT PLN (PERSERO) UPDK BARITO
Pelaksanaan Mayor Inspection (MI) turbin unit 1 dilaksanakan pada 23 Oktober 2021 sampai dengan 26 November 2021 oleh tim pemeliharaan ULPLTA/D Gunung Bamega. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pemeliharaan periodik Mayor Inspection (MI) merupakan pemeliharaan 40.000 jam atau setara dengan 5 (lima) tahunan.

Pelaksanaan MI turbin unit 1 dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan optimalisasi performa dan menjaga keandalan pasokan energi listrik terutama menjelang siaga Natal dan Tahun Baru.

Pelaksanaan MI turbin unit 1 do PLTA Ir PM Noor dilaksanakan pada 23 Oktober 2021 sampai dengan 26 November 2021 oleh tim pemeliharaan ULPLTA/D Gunung Bamega dengan penuh ketelitian dan kehati-hatian selama pekerjaan.

Scope pekerjaan MI turbin 1 meliputi pengukuran awal (run out check sebelum MI) untuk mengetahui deviasi shaft, runner, dan rotor sebelum dilakukan pembongkaran.

Tahap pembongkaran setiap komponen turbin dilakukan pembongkaran dengan hati-hati mulai dari generator hingga runner turbin di bagian paling bawah.

Pelaksanaan Mayor Inspection (MI) turbin unit 1 dilaksanakan tim pemeliharaan ULPLTA/D Gunung Bamega dengan penuh ketelitian dan kehati-hatian.
Pelaksanaan Mayor Inspection (MI) turbin unit 1 dilaksanakan tim pemeliharaan ULPLTA/D Gunung Bamega dengan penuh ketelitian dan kehati-hatian. (PT PLN (PERSERO) UPDK BARITO)

Tahap Inspeksi dan perawatan dilakukan pada seluruh bagian turbin dan generator secara menyeluruh.

Meliputi, peralatan utama dan peralatan penunjang, melakukan pengukuran pada part-part kritikal serta mengganti beberapa part dengan sparepart baru.

Setelah tahap Inspeksi dan perawatan tahap yang tidak kalah penting yaitu tahap pemasangan setiap peralatan utama dipasang sesuai dengan urutan serta sesuai dengan petunjuk manual book turbin.

Tahap terakhir, yaitu pengukuran akhir (run out check setelah MI) hasil pengukuran akan dibandingkan sebelum dan sesudah MI.

Alhamdulillah , pelaksanaan MI turbin unit 1 PLTA Ir. PM Noor berjalan dengan lancar walau ada kendala ditengah pelaksanaan namun tidak menghalangi pelaksanaan pekerjaan selain itu hasil yang didapat effisiensi turbin meningkat sebelum dilakukan MI indikatornya dapat dilihat dari tingkat pemakaian air lebih rendah (specific water consumption) dari 9,07 m3/kwh menjadi 8,70 m3/kwh” ujar Bayu Herjunadi, SPV Pemeliharaan, didampingi  Widiyanto, SPV Operasi.

Pelaksanaan Mayor Inspection (MI) turbin unit 1 dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan optimalisasi performa dan menjaga keandalan pasokan energi listrik terutama menjelang siaga Natal dan Tahun Baru.
Pelaksanaan Mayor Inspection (MI) turbin unit 1 dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan optimalisasi performa dan menjaga keandalan pasokan energi listrik terutama menjelang siaga Natal dan Tahun Baru. (PT PLN (PERSERO) UPDK BARITO)

“Kegiatan pemeliharaan ini tidak berpengaruh banyak terhadap ketinggian air waduk, meskipun saat ini kondisi cuaca sedang musim hujan, saat ini kondisi dam/bendungan dalam kondisi aman, dengan ketinggian air waduk cukup rendah diposisi Duga Muka Air (DMA)  57,10 mdpl,” imbuh Rahman Saputra, SPV K4L.

Pihak MUL ULPLTA/D Gunung Bamega berharap, “Semoga Turbin unit 1 PLTA setelah dilakukan pemeliharaan periodic MI dapat beroperasi optimal dan handal untuk mensupply energi listrik ke masyarakat." (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved