Yayasan Adaro Bangun Negeri

Program Adaro Santri Sejahtera, Membangun Desa Lewat Pesantren

Pengembangan kampus merdeka yang dilaksanakan oleh ULM mendukung program CSR Adaro pada Program Adaro Santri Sejahtera (PASS)

Editor: Eka Dinayanti
yayasan adaro bangun negeri
Program Adaro Santri Sejahtera (PASS) hasil sinergitas Adaro dan ULM 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Puluhan mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) sejak November 2021 lalu berada di lima pondok pesantren yang merupakan binaan Adaro.

Keberadaan mereka merupakan bagian dari Program Adaro Santri Sejahtera (PASS) hasil sinergitas Adaro dan ULM dengan skema Matching Fund pada Kampus Merdeka - Merdeka Belajar dari Kemendikbudristek.

Pengembangan kampus merdeka yang dilaksanakan oleh ULM untuk mendukung program CSR Adaro pada Program Adaro Santri Sejahtera (PASS) dalam upaya membangun kemandirian pesantren.

Program Adaro Santri Sejahtera (PASS)
Program Adaro Santri Sejahtera (PASS) (yayasan adaro bangun negeri)

Khususnya dalam pengembangan usaha pesantren dan jiwa wirausaha santri berdasarkan keilmuan, riset, dan teknologi yang dimiliki ULM yaitu Edu-Agro-Techno Sociopreneurship (EATS) dan berbagai inovasi lainnya yang dikembangkan oleh dosen dan mahasiswa.

Membangun Desa merupakan bentuk kegiatan pembelajaran yang mengasah softskill kemitraan dan kolaborasi lintas disiplin serta leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah perdesaan.

Program Adaro Santri Sejahtera (PASS)
Program Adaro Santri Sejahtera (PASS) (yayasan adaro bangun negeri)

Dan dipilihnya pesantren sebagai tempat pembelajaran, karena pesantren bukan hanya sebagai tempat belajar agama tetapi juga menjadi unsur pembangunan desa.

Dengan membangkitkan ekonomi masyarakat di area pondok pesantren, keberadaan pesantren juga diharapkan mampu membuka lapangan kerja bagi warga desa setempat. (aol)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved