Breaking News:

Sport

Sosialisasikan DBON, Menpora RI Yakin Kalsel Bisa Lahirkan Atlet Berprestasi Untuk Indonesia

Menteri OLahraga, Zainudin Amali, sosialisasikan Desain Besar Olahraga Nasional di Banjarmasin yang mendapat diapresiasi Sekda Kalsel dan Rektor ULM.

Penulis: Amirul Yusuf | Editor: Alpri Widianjono
DISPORA KALSEL
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali (tengah) didampingi Sekda Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Roy Rizali Anwar dan Rektor Universitas Lambung Mangkurat, Sutarto Hadi, saat di Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, menilai Kalimantan Selatan memiliki potensi untuk melahirkan atlet berprestasi. 

Hal tersebut diutarakannya saat sosialisasi Peraturan Presiden Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Hotel G Sign Banjarmasin, Sabtu (18/12/2021). 

Dikatakannya, Kalsel menjadi satu dari 11 daerah yang termasuk dalam sosialisasi DBON. Hal tersebut dikarenakan, dalam catatan secara prestasi Kalsel memiliki potensi.

"Kami melihat Kalimantan Selatan ada potensi, sehingga kami pilih untuk sosialisasikan Desain Besar Olahraga Nasional," ujarnya. 

Menurutnya, Perpers Nomor 86 tentang Desain Besar Olahraga Nasional ini dikeluarkan dikarenakan adanya kerisauan dari Presiden terkait prestasi olahraga di ajang Nasional maupun Internasional.

Baca juga: Cabang Olahraga Unggulan Akan Ditempatkan Kemenpora Dalam Training Center

"Perpres ini tidak muncul tiba-tiba, tapi muncul dari kerisauan Presiden. Indonesia yang kaya akan populasi dan memiliki potensi besar, tapi prestasi tidak besar. Prestasinya dari tahun ke tahun itu-itu saja, artinya ada sesuatu yang salah," ungkapnya.

Oleh karena itu, dengan adanya DBON dari Kemenpora ini diharapkan sebagai panduan terhadap pembinaan olahraga di daerah, dapat menguntungkan daerah, serta mampu meningkatkan prestasi.

"Kalau selama ini dalam melakukan pembinaan sendiri-sendiri dan dengan adanya perpres ini sangat menguntungkan bagi daerah," katanya.

Apalagi, Provinsi Kalsel memiliki perguruan tinggi yang ada jurusan olahraganya, juga sudah diuntungkan.

"Kalsel memiliki Universitas Lambung Mangkurat yang mempunyai jurusan olahraganya, sehingga kita jelas targetnya," tuturnya.

Baca juga: Persambi Kalsel Lakukan Persiapan Ajang Kejurprov dan Porprov 2022, Siapkan 44 Nomor Pertandingan  

Baca juga: Jalin Silaturahmi dengan Relasi, Banjarmasin Post FC Gelar Trofeo Fair Play Cup

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved