Breaking News:

Kriminalitas Kaltim

Curanmor di Kaltim - Tangkap 7 Pencuri Motor di Balikpapan, Polisi Amankan 9 Motor

Sebanyak 7 pelaku kejahatan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) berhasil dibekuk jajaran Polresta Balikpapan, Kaltim

Editor: Hari Widodo
TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Jajaran Polresta Balikpapan menangkap sebanyak 7 tersangka curanmor dengan 9 unit barang bukti sepeda motor, Senin (20/12/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BALIKPAPAN - Sebanyak 7 pelaku kejahatan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) berhasil dibekuk jajaran Polresta Balikpapan, Kaltim sepanjang operasi Jaran Mahakam 2021.

Selain menangkap 7 pelaku curanmor, Polisi selama Operasi Jaran Mahakam yang berlangsung 15 hari hingga 17 Desember 2021 ini juga mengamankan 9 unit sepeda motor.

Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Vincentius Thirdy Hadmiarso menjelaskan, pelakunya ada yang beraksi sendiri, ada pula yang bergerak secara komplotan, 2 di antaranya berstatus residivis.

"Dari tanggal 2 sampai 17 Desember 2021 sudah mengungkap 7 pelaku pencurian kendaraan bermotor dengan jumlah 9 unit sepeda motor. Kita amankan di seluruh wilayah Kota Balikpapan," ujar Thirdy Hadmiarso, Senin (20/12/2021).

Baca juga: Curanmor di Kalsel, Beraksi di Tanjung, Residivis asal Kaltim Dibekuk Satreskrim Polres Tabalong

Baca juga: Kompolotan Curanmor di Balikpapan Diungkap, Polisi Tangkap Tiga Tersangka dan Amankan 2 Motor

Dia mengemukakan, modus operandi yang digunakan cenderung identik, persis seperti pada kasus-kasus sebelumnya, di mana pelaku menggunakan kunci ganda atau mendorong sepeda motor tak berkunci stang.

Lalu, setelah sepeda motor berhasil dikuasai, pelaku mengubah rumah kunci dan diganti dengan kunci baru.

Sepeda motor curian tersebut digunakan sendiri dan ada kalanya dijual kembali ke luar wilayah Kota Balikpapan.

"Ada yang dijual di beberapa wilayah di luar Kota Balikpapan. Masih indikasi mereka melempar ke beberapa wilayah tertentu," tuturnya.

Baca juga: Curanmor di Tanahlaut, Nekat Curi Motor untuk Beli Sabu, Dua Pemuda di Kintap Meringkuk di Sel

Lebih lanjut, Thirdy membeberkan, sepanjang Operasi Jaran Mahakam tahun ini, paling banyak aksi curanmor terjadi di wilayah hukum Polsek Balikpapan Timur, yakni sebanyak 4 unit.

Adapun para tersangka kemudian dijerat dengan Pasal 363 KUHP, di mana ancamannya berupa pidana penjara di atas 5 tahun. (*)
 

Artikel ini telah tayang di TribunKaltim.co dengan judul Tujuh Pelaku Curanmor di Balikpapan Terjaring Operasi Jaran Mahakam 2021, Polisi Sita 9 Motor

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved