PT PLN Persero UPDK Barito

Srikandi PLN UPDK Barito Jaga Keandalan Pasokan Listrik

Maria Delavega Afriani telah 2 tahun bertugas sebagai engineer yang bertanggungjawab terhadap pemeliharaan dan keandalan mesin pembangkit.

Editor: Eka Dinayanti
PT PLN (Persero) UPDK Barito
Maria Delavega Afriani. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Hari Ibu tidak terlepas dari kisah perjuangan kaum srikandi memperjuangkan hak bagi perempuan.

Bahkan, dalam perjuangan menuju kemerdekaan Indonesia 76 tahun yang lalu, kaum srikandi juga berperan di dalamnya.

Tidak hanya itu, peran perempuan juga sangat besar dalam dunia kelistrikan.

Pada saat ini pun tidak di pungkiri bahwa perempuan juga sangat berperan dalam menjaga keandalan pasokan listrik.

Srikandi PLN merupakan turunan dari program Srikandi BUMN yang digagas Kementerian BUMN sebagai komunitas perempuan yang berkarya di BUMN dengan tujuan untuk saling mendukung sesama perempuan dalam berkarya dan berprestasi dengan beragam peran sebagai ibu, istri dan pekerja.

Baca juga: Jaga Pasokan Listrik Menjelang Nataru, UPK Asam Asam Apel Siaga Kesiapan Personel dan Peralatan

Srikandi PLN yang berjuang dalam menjaga keandalan pembangkit di PLN Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan (UPDK) Barito adalah Maria Delavega Afriani.

Gadis asal Kota Jakarta ini telah 2 tahun bertugas sebagai engineer yang bertanggungjawab terhadap pemeliharaan dan keandalan mesin pembangkit.

Maria Delavega Afriani.
Maria Delavega Afriani. (PT PLN (Persero) UPDK Barito)

Dengan berbekal ilmu yang ia pelajari dari Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta, menjadikan Vega memiliki peran penting dalam kegiatan pengoperasian pembangkit.

“Perempuan dan laki-laki memiliki potensi dalam dirinya masing-masing, perbedaannya hanya bagaimana cara kita mengembangkan potensi tersebut. Saya bangga bisa mengembangkan potensi saya di PLN UPDK Barito ini dan menjadi salah satu srikandi yang ikut berperan aktif dalam menjaga keandalan mesin pembangkit dan pasokan listrik, agar masyarakat dapat terlayani,” ucap Vega.

Ia sangat bersyukur memiliki rekan-rekan kerja yang mau saling membantu, merangkul, mendukung dan mengajari banyak hal dengan sepenuh hati dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan di lapangan.

“Walau mental dan fisik ditempa begitu banyak, namun banyak pelajaran yang bisa diambil. Tetap semangat dan terus tersenyum untuk seluruh srikandi PLN dalam menerangi negeri,” tutup Vega. (aol)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved