Bumi Murakata

Serahkan Hibah Alat Tempa Besi, Bupati HST Resmikan Kawasan Metalurgi IKM Wasaka

Bupati HST sangat mendukung pembangunan sentra IKM logam di Desa Muara Rintis, karena diyakini memacu produktivitas masyarakat setempat

Penulis: Hanani | Editor: Eka Dinayanti
PROKOPIM HST
Bupati HST meresmikan Kawasan Metalurgi pandai besi IKM Wasaka di Desa Muara Rintis Kecamatan Batangalai Utara dengan penandatanganan prasasti. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Bupati Hulu Sungai Tengah, H Aulia Oktafiandi menyerahkan Hibah alat tempa besi kepada Ketua Sentra Waja Sampai Kaputing (wasaka) Iriansyah, Rabu 22 Desember 2021.

Penyerahan secara simbolis itu sekaligus meresmikan Kawasan Metalurgi pandai besi IKM Wasaka di Desa Muara Rintis Kecamatan Batangalai Utara.

Bupati HST menyatakan apresiasi dan terima kasih pada Dinas Perdagangan yang telah menfasilitasi sehingga kegiatan itu dapat terlaksana.

Bupati sangat mendukung pembangunan sentra IKM logam di Desa Muara Rintis, karena diyakini memacu produktivitas masyarakat setempat sekaligus turut mendorong perekonomian daerah.

Pemberian hibah alat tempa besi tersebut untuk mendukung pengembangan sentra IKM metalurgi, sebagai bentuk perhatian pemerintah kabupaten.

Penyerahan secara simbolis  Hibah alat tempa besi kepada Ketua Sentra Waja Sampai Kaputing (wasaka).
Penyerahan secara simbolis Hibah alat tempa besi kepada Ketua Sentra Waja Sampai
Kaputing (wasaka). (PROKOPIM HST)

"Semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kreativitas dan kualitas produk kerajinan logam hingga pemasarannya pun bisa bersaing," katanya.

Hadirnya sentra IKM metalurgi di Kabupaten HST ini diharapkan mengurangi jumlah pengangguran.

"Saya berharap usaha yang ditekuni masyarakat di Muara Rintis terus berkembang," kata Aulia.

Sementara Camat Batang Alai Utara, Jayadi menyebutkan, pandai besi Wasaka ada 31 orang, tersebar di Desa Muara Rintis, dengan produk yang dihasilkan seperti pisau, cangkul, sabit, dodos, parang/golok, pisau sadap, termasuk perbaikan alat pertanian (Batitik).

Adapun alat yang dihibahkan pada pengrajin di Wasaka sebanyak 21 jenis.

Selanjutnya Kepala dinas perdagangan H Sahruli menyampaikan, dukungan Pemkab HST ini sebagai upaya pemberdayaan UKM, dan menjadi rencana pembangunan industri di HST.

"Alhamdulillah sudah mendapat persetujuan dari bupati. Tentunya menjadi pendukung bagi pengusaha Metalurgi IKM Wasaka pandai besi Desa Muara Rintis dan dapat bersinergi dengan masyarakat untuk perindustrian berbasis tehnologi," katanya.

Turut berhadir Kepala Bagian Perekonomian Setda HST, Kapolsek Batara, Koramil Batara Pambakal dan para pengrajin sentra wasaka Desa Muara Rintis. (AOL)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved