Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Monitoring Disdagri Kabupaten Tanbu di Pasar dan Gudang, Stok Sembako Aman

Tim Disdagri Tanahbumbu pantau stok dan harga sembako di pasar tradisional dan gudang distributor masih dalam keadaan aman, kenaikan tak siginifikan.

Penulis: Man Hidayat | Editor: Alpri Widianjono
DENY HARIYANTO
Tim melakukan pengecekan stok sembako di sebuah gudang distributor di Kersik Putih, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (24/12/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN -  Dinas Perdagangan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), beserta tim turun ke distributor monitoring stok bahan pokok.

Hasilnya, stok masih aman. Namun tim yang dipimpin Kepala Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagri) Kabupaten Tanbu, H Deny Hariyanto, mendapati sejumlah barang alami kenaikan, termasuk cabai. 

Meski kenaikannya tak terlalu signifikan, tetap saja berpengaruh pada masyarakat.

Berdasarkan hasil monitoring Disdagri Tanahbumbu di Pasar Tradisional, barang yang alami kenaikan minyak goreng curah Rp 17.500 menjadi 18.000 per liter dan minyak goreng Bimoli dari Rp 20 ribu  menjadi Rp 23 ribu per liter.

Selain itu, harga cabai merah kriting Rp 80 ribu menjadi Rp 85 ribu per kilogram, cabai rawit merah dan taji Rp.100 ribu menjadi Rp 130 ribu per kilogram.

Baca juga: Kapolres Tanbu Turun ke Jalan Cegat Pengendara di Jalan Raya Batulicin, Cek Kartu Vaksin

Baca juga: Posko Nataru 2021 di Tanbu Sediakan Vaksin, Warga yang ke Tempat Wisata Harus Sudah Divaksin

Begitu pula dengan harga bawang merah dari yang semula Rp 20 ribu menjadi  Rp 25 ribu per kilogram.

"Harganya naik, tetapi tidak signifikan dan masih batas aman," bebernya kepada Banjarmasinpost.co.id, Sabtu (25/12/2021). 

Kemudian, tim juga melakukan pemantauan ke beberapa gudang distributor besar di Desa Kersik Putih Kabupaten Tanbu.

Pemantauan itu bersama Tim Satgas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanbu yang beranggotakan Disdagri Bagian Ekonomi dan SDA dan Administrasi Pembangunan Setda, Disdagri, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan, LK BPOM,. Hasilnya, dinilai masih aman. 

Ada 3 perusahaan yang dikunjungi, yaitu PT Bintang Sinar Jaya, PT Kalimas Kharisma dan PT Borneo Jaya Distribusindo. Smua menyatakan stok aman dan harga tidak mengalami kenaikan yang signifikan.

Baca juga: Posko Nataru 2021 di Tanbu Sediakan Vaksin, Warga yang ke Tempat Wisata Harus Sudah Divaksin

Baca juga: Tiga Sekolah di Tanah Bumbu Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional 2021

"Ketersedian bahan pokok dalam kondisi aman karena para Distributor sudah beberapa minggu yang lalu telah melakukan penambahan stok dalam persiapan Natura 2021 seperti juga tahun tahun yang sebelumnya," imbuh dia.

Untuk beras, gula, tepung, tim juga mennilai masih aman. Ketersediaannya berlebih dari bulan-bulan yang lalu untuk mengantisipasi kendala jalur distribusi yang disebabkan cuaca dan sebagainya.

(Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved