Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan Antisipasi Nataru, Tingkatkan Stok dan Penyaluran Elpiji 3 Kg

Meski pihak Pertamina menjamin ketersediaan gas elpiji 3 kilogram, namun kenyataan di tingkat eceran cukup sulit didapat kecuali dengan harga tinggi.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Syaiful Akhyar
istimewa
Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Freddy Anwar, beserta jajaran ketika menjelaskan soal Antisipasi BBM dan Gas LPG 3 kilogram pada natal dan tahun baru 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Meski pihak Pertamina menjamin ketersediaan gas elpiji 3 kilogram, namun kenyataan di tingkat eceran cukup sulit didapat kecuali dengan harga tinggi.

Ada yang dijual Rp 25 ribu, bahkan di Banjarbaru ada yang smapai Rp 35.000 per tabung gas.

"Kalau di Alalak Banjarmasin Utara ini Rp25 ribu untuk elpiji 3 kilogram. Itu harga di eceran," kata Soleh warga Alalak.

Di Banjarbaru untuk eceran harga sampai Rp 35 ribu dikeluhkan Rasyid Maulana. Di kawasan Guntung Manggis sudah pakai kartu jika beli ke distributor Rp18.000 an saja.

Baca juga: Narkoba Kalsel : Namanya Disebut Pemesan Sabu, Oknum Napi Lapas Kotabaru Jalani Pemeriksaan Polisi

Baca juga: Belum Bisa Dilewati Mobil, Pembangunan Jembatan Patikalain HST Diperkirakan Selesai Sepekan Lagi

Baca juga: Momen Akhir Tahun 2021, Kepiting dan Udang Kalsel yang Diekspor Senilai Rp10,78 Miliar

"Tapi kalau dieceran ini sampai Rp 35 ribu. Soalnya kalau habis kesulitan jadi terpaksa di eceran belinya meski harganya tinggi," kata Rasyid Maulana, Minggu (26/12/2021).

Sementara pihak Pertamina, diketahui sudah melakukan persiapan pemenuhan kebutuhan gas 3 kilogram pada Natal dan Tahun Baru 2021 jni.

Bahkan memang diprediksi Pertamina, terjadi peningkatan kebutuhan elpiji rumah tangga pada Nataru 2021.

Karena itu telah diantisipasi dengan meningkatkan stok 5,8 persen dari rata-rata normal bulanan atau sekitar 1.378 Metrik Ton dari konsumsi normal bulanan yaitu 1.302 Metrik Ton untuk wilayah Kalimantan.

Menurut, Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Freddy Anwar, belum lama tadi menjelaskan bahwa penambahan penyaluran elpiji 3 kilogram telah dilakukan sejak minggu ke-2 bulan Desember dengan penambahan fakultatif untuk wilayah Kalimantan sebanyak 1.769 Metrik Ton (589.800 Tabung).

"Penyaluran ini telah disalurkan ke 282 agen yang tersebar di seluruh wilayah Kalimantan. Untuk wilayah Kalimantan Selatan, penambahan fakultatif sebanyak 606 Metrik Ton (202.160 Tabung)," urainya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved