Berita Balangan

Tingkatkan Layanan Publik, Polres Balangan Ciptakan Terobosan Layanan Jemput Bola Hingga Online

Berbagai terobosan dari Polres Balangan untuk meningkatan pelayanan masyarakat terus dilakukan, termasuk pelayanan jemput bola di kota hingga desa.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Syaiful Akhyar
banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Kapolres Balangan, AKBP Zaenal Arifin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Berbagai terobosan dari Polres Balangan untuk meningkatan pelayanan kepada masyarakat terus dilakukan.

Beberapa inovasi juga dikembangkan, termasuk pelayanan jemput bola, baik di kawasan perkotaan maupun masuk perkampungan.

Sebagaimana disampaikan oleh Kapolres Balangan, AKBP Zaenal Arifin, beberapa terobosan pada bidang pelayanan publik yakni percepatan pelayanan dalam pembuatan SKCK melalui inovasi kreatif satuan Intelkam, SKCK Kelling.

"Terobosan ini mampu mendongkrak pamohon SKCK, hingga 24 Desember 2021, tercatat sebanyak 4.634 lembar telah dikeluarkan oleh pelayanan Satuan Intelkam Polres Balangan.

Baca juga: Angka Kejahatan Turun 9 Persen, Polres Tanahbumbu Setahun Ungkap Kasus Sabu Hampir 5 Kg

Baca juga: Bupati Sayed Jafar Terus Genjot Percepatan Vaksinasi di Kotabaru

Baca juga: Pengendalian Covid-19, Pemerintah Terus Evaluasi dan Siapkan Antisipasi Selama Nataru

Capaian tersebut meningkat signifikan dari data capaian pelayanan SKCK pada tahun 2020 yang menerbitkan sebanyak 2.257 lembar," ungkap Kapolres, Senin (27/12/2021).

Selain SKCK Keliling, terobosan kreatif dari satuan Reskrim dengan Sidik jari Goes to school beber Kapolres mampu menjaring orang dengan sasaran pelajar kelas XII yang akan lulus sekolah.

Hingga saat ini tercatat sebanyak 239 siswa dari empat sekolah menengah atas di kabupaten Balangan yang terdata sidik jarinya.

Program tersebut akan terus dilakukan hingga seluruh pelajar kelas XII se Kabupaten Balangan terlayani semua.

Tidak ketinggalan, program unggulan satuan Lalu Lintas dengan nama Polantas Tulak Ka Kampung dan Samsat Bajalan Ka Dusun, ucapnya terbukti meningkatkan jumlah pemohon SIM.

Tercatat hingga 24 Desember 2021, jumlah SIM dikeluarkan mencapai 3024 lembar, mengalami peningkatan dibandingkan jumlah pemohon di tahun 2020 sebanyak 2599 lembar dari berbagai jenis SIM.

Selain itu, seiring perkembangan teknologi, Polres Balangan dalam memberikan pelayanan publik juga telah meluncurkan aplikasi berbasis android dengan nama E-Sanggam.

Dimana aplikasi ini dianggap sangat efisien membantu warga dalam percepatan pelayanan hanya dalam genggaman saja.

Berbagai fitur pelayanan tersedia di dalam aplikasi tersebut, dari pendaftaran SKCK, SIM, Laporan Kepolisian hingga perlu adanya kehadiran anggota Polri segera melalui tomboi darurat.

"Tidak kalah penting, di masa Pandemi Covid 19 ini, Polres Balangan sumbangsihkan segala upaya untuk menekan angka penyebaran Covid 19 dengan membantu mencapai target Vaksinasi hingga 70 persen masyarakat kabupaten Balangan sudah tercapai," ucap AKBP Zaenal Arifin.

Upaya percepatan melalui kegiatan vaksinasi mobile, door to door Vaksin, razia vaksinasi hingga penyediaan doorprize bagi warga yang ikuti Vaksinasi tingkat pertama.

Diketahui pula, dari berbagai terobosan kreatif pelayanan masyarakat serta kerja keras seluruh personel Polres Balangan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid 19 melalui percepatan vaksinasi yang telah dilakukan, Polres Balangan pada tanggal 20 Desember 2021 meraih penghargaan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian PAN-RB.

Melalui apa yang sudah dicapai, Kapolres Balangan menerangkan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga ke depannya mampu menciptakan situasi aman dan kondusif untuk wilayah Balangan.

(banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved