Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Jumlah Penumpang di Bandara Syamsudin Noor Kalsel Saat Ini Capai 6 Ribu Orang Per Hari

Saat pandemi total penumpang berankat dan tiba di Bandara Internasional Syamsudin Noor 4 ribuan, kini naik menjadi 6 ribu hingga 7 ribu per hari.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/NURHOLIS HUDA
Bandara Internasional Syamsudin Noor di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Penumpang pesawat melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor  di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, sebelum pandemi adalah 8 ribu orang per hari, baik yang berangkat maupun yang tiba.

Sedangkan pandemi jauh menurun, sekitar 4 ribu yang berangkat dan yang tiba. Kermudian meningkat lagi yang diperkirakan karena seiring melandainya kasus Covid-19. Kini rata rata 6 ribu hingga 7 ribu orang penumpang per hari. 

General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor, Dony Subardono, mengatakan, pada akhir 2021 penumpang berangkat sekitar 3.700 orang sehari. Jumlah ini selisih sedikit dibandingkan 2019.

Dia berharap pandemi terus melandai dan herd immunity masyarakat segera terbentuk, sehingga pada pertengahan 2022 pergerakan penumpang di Bandara Internasional Syamsuddin Noor kembali normal.

Baca juga: Tiga Bus Damri Dioperasikan untuk Angkut Calon Penumpang Bandara Syamsudin Noor Kalsel

Baca juga: VIDEO Ini Dia Bandara Warukin yang Ada di Tabalong Kalsel

Sementara itu, Stakeholder Relation Bandara Internasional Syamsudin Noor, Ahmad Zulfian Noor mengatakan, peningkatan jumlah penumpang sudah mencapai 26 persen. 

"Untuk penumpang yang datang dan yang berangkat sekarang rata-rata 6 ribu sampai 7 ribu sehari. Sebelumnya cuma 4 ribuan," katanya.

Meningkatnya penumpang, dia menyebut, membuat sejumlah maskapai mulai menambah penerbangan. "Biasanya dulu rata-rata 34 penerbangan sehari, sekarang sudah 52 penerbangan," sebutnya.

Dari puluhan penerbangan tersebut, Zulfian menuturkan, paling banyak rute ke Jakarta dengan rata-rata berangkat 10 penerbangan sehari. Sedangkan ke Surabaya 7 penerbangan.

Baca juga: Akses Bandara Syamsudin Noor di Banjarbaru Belum Diaspal, Warga Keluhkan Debu Jalanan

"Sisanya ada ke Semarang, Yogyakarta, Balikpapan dan penerbangan kargo ke Halim Perdanakusuma Jakarta," lontarnya. 

(Banjarmasinpost.co.id/Nurholis Huda)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved